Melalui Akun Twitter, Kerajaan Arab Saudi Umumkan Stop Semua Perjalanan Umroh Karena Wabah Corona

19

WARTAKEPRI.co.id – Wabah Virus Corona yang makin meluas  membuat pemerintah Arab Saudi melakukan upaya pencegahan. Salah satunya adalah dengan menangguhkan sementara semua perjalanan umroh, termasuk kunjungan ke Masjid Nabawi di Madinah.

Hal ini diumumkan secara resmi oleh Kementerian Luar Negeri Arab Saudi, di Twitter, pada Kamis (27/2/2020) dini hari.

Kerajaan juga menangguhkan izin masuk bagi siapapun di luar negeri itu yang memiliki visa pariwisata. Negeri kerjaan itu juga meminta warga tidak melakukan perjalanan ke negara di mana corona menyebar.

Sementara itu, informasi terkait virus Corona juga dilansir dari kantor berita SPA, Kamis (27/2/2020) dimana pihak kerajaan merasa perlu mengambil tindakan guna mencegah dampak virus corona semakin buruk.

Itulah sebabnya Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Arab Saudi terpaksa untuk sementara menghentikan menuju dan keluar kawasan Timur Tengah, termasuk bagi jamaah umroh.

PKPONLINE PKP DREAMLAND

Keputusan ini juga sebagai bentuk dukungan Kerajaan Arab Saudi kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam upaya memerangi penyebaran virus penyakit yang berasal dari China itu.

Untuk itu Kemenlu Arab Saudi mengeluarkan beberapa rekomendasi, yakni untuk sementara pelaksanaan umroh di Masjidil Harram, Makkah dan ziarah di Masjid Nabawi, Madinah dihentikan.

Izin masuk menggunakan visa turis dari negara-negara yang tengah mengalami wabah virus corona juga dihentikan. Hal ini sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh otoritas kesehatan Arab Saudi. Namun pemerintah Arab Saudi menekankan kebijakan ini hanya bersifat sementara dan akan terus memantau perkembangan.

Sementara itu Staf Khusus Menteri Agama, Ubaidillah Amin mengatakan Kementerian Agama (Kemenag) menghormati keputusan tersebut. Dalam keterangan tertulis yang diterima awak media pada Kamis (27/2/2020) Ubaidillah menyatakan sejak hari ini pengajuan visa umroh dan visa lainnya ke Arab Saudi akan dihentikan sementara.

Kemenag juga meminta para pengelola biro perjalanan umrah pro aktif dan memberikan informasi kepada para jamaahnya. Direktorat Jenderal Perjalanan Haji dan Umroh juga telah memerintahkan jajarannya sidak ke beberapa bandara guna mengantisipasi banyaknya jamaah yang kemungkinan tertahan keberangkatannya.(*)

Sumber : twitter/CNBC/ArabNews
Editor : Dedy Suwadha

 

Melalui Akun Twitter, Kerajaan Arab Saudi Umumkan Stop Semua Perjalanan Umroh Karena Wabah Corona

Komentar Anda

BBK MURAH FANINDO DEWAN PERS WARTAKEPRI