Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas Berterimakasih ke Tim Korsupgah KPK RI – WartaKepri.co.id
25 views

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas Berterimakasih ke Tim Korsupgah KPK RI





WARTAKEPRI.co.id – Rapat Koordinasi dan Evaluasi Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi bersama KPK RI memberi arahan seluruh pejabat dilingkungan Pemkab Kep. Anambas ini sebagai salah satu upaya untuk mencegah korupsi agar tidak kembali terulang demi mewujudkan pemerintahan yang bersih dan bebas dari Kolusi, Korupsi dan Nepotisme (KKN). Rapat digelar di Aula Kantor Bupati, Jl. Pasir Peti, Desa Pesisir Timur, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kamis (27/2/2020) mulai pukul 09.30 WI sampai dengan 13.30 WIB.

Abdul Haris Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas berdikskusi dengan Abdul Haris Koordinator Wilayah II KPK RI

Rapat dihadiri Abdul Haris Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) , Hasnidar Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, AKBP Cakhyo Dipo Alam Kapolres Kabupaten Kepulauan Anambas, Alan Hendry Baskara Harahap Kacabjari Tarempa, Letkol Laut (P) Nur Rochmad Ibrohim Danlanal Tarempa, Eko Desi Kadishub Kabupaten Kepulauan Anambas, Jefrizal Kadiskominfo Kabupaten Kepulauan Anambas, Mayor Laut (T) Arip Gunawan Danlanudal Matak, dan rombongan KPK RI, Abdul Haris Koordinator Wilayah II KPK RI, Basuki Haryono Anggota Satgas KPK RI, Aida Ratna Zulaiha Anggota Satgas KPK RI, serta diikuti OPD KKA sekitar 100 orang.

Abdul Haris Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas dan Hasnidar Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas menyerahkan Plakat ke Abdul Haris Koordinator Wilayah II KPK RI

Hasnidar Ketua DPRD KKA berterimakasih atas partisipasi peran serta KPK yang secara langsung turun berkunjung ke KKA yang secara Administratif gugusan Kepulauwan Anambas, berada di laut China Selatan berbatasan dengan Vietnam, Kabupaten Bintan, Malaysia dan Kab Natuna.

Pertemuan ini penting karena akan memberikan pemahaman bersama dalam upaya untuk melakukan pencegahan tindak pidana korupsi, pertemuaan ini tidak lain untuk mendorong penguatan komitmen dan kapasitas pemerintah bersama DPRD untuk mengembangkan sisitim pelayanan publik pada bidang pelayanan – pelayanan yang menjadi fokus isu.

Abdul Haris Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas menyerahkan Plakat ke Abdul Haris Koordinator Wilayah II KPK RI

Dalam rencana pemerintah yang bersih dari korupsi, untuk itu kami mengharapkan melalui pertemuaan hari ini dalam rangka kordinasi dan supervisi program pemberantasan korupsi terintergrasi yang sekarang ini yang nanti akan di paparkan oleh Tim korsugah (Kodinasi dan supervisi pencegahan.

” Dengan adanya saran untuk kami khususnya anggota DPRD KKA dalam menjalankan tugas pokok DPRD demi untuk mewujudkan program pemberantasan korupsi terintergrasi yang berkelanjutan,” papar Hasnidar.

Rapat Koordinasi dan Evaluasi Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi Bersama

Abdul Haris Bupati KKA mengatakan juga ucap terima kasih atas kesediaan Tim Korsupgah (Kordinasi dan supervisi pencegahan ) KPK – RI untuk dapat hadir bersama dalam rapat kordinasi dan Evaluasi ini. Program ini sebagaimana yang saya terapkan dalam peraturan bupati nomor 494 tahun 2018 tentang Rancana aksi program pemberatasan korupsi terintergrasi dan pembentukan satuan tugas pelaksanaan rencana aksi pemerintah KKA tahun 2018 – 2019.

Lagu Indonesia Raya Memulai Rapat Koordinasi dan Evaluasi Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi Bersama

Adapun progres 8 area intervensi antara lain Perencanaan dan penganggaran APBD 75 %, Pengadaan barang dan jasa 57%, Pelayanan satu pintu 77%, Kapabilitas APIP 59%, Manajemen ASN 87%, Optimalisasi pendapatan daerah 100%, Manejemen pendapatan daerah 89%, Tata kelola dana Desa 74%

Capaian program korsupgah terintergrasi pada KKA terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan , hal ini ditandai dengan prosentase capaian renakai tahun 2018 sebesar 61% menjadi 76% di tahun 2019 (meningkat 15%) dimana untuk KKA peringkat capaian pemerintah daerah di wilayah Kepulauwan Riau tahun anggaran 2019 meraih tingkat dua.

Suasana Rapat Koordinasi dan Evaluasi Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi Bersama

Perbuatan korupsi saat ini sudah sangat maaif dan sangat memperihatinkan sekali, korupsi sudah menjadi budaya dalam kehidupan sehari-hari untuk si ketahui, perbuatan korupsi dampaknya bukan hanya merusak sendi – sendi perekonomian negara dan bangsa, tetapi korupsi sudah merusak tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara.

” Saya berharap dengan kehadiran Tim KORSUPGAH KPK RI di KKA ini dapat memberikan wawasan sekaligus memantapkan tindak lanjut implementasi program pemberantasan korupsi sehingga perbaikan dapat dilaksanakan secara baik dan dapat mempersempit ruang bagi pelaku korupsi di daerah Kepulauan Anambas.

Abdul Haris Koordinator Wilayah II KPK RI Rapat Koordinasi dan Evaluasi Program Pemberantasan Korupsi di Anambas

Sementara itu Abdul Haris Koordinator Wilayah II KPK RI, pada tahun 2018 KPK sudah memperkenalkan Aplikasi Monitoring For Prevention (MPC) kepada seluruh Kabupaten/Kota di Kepulauan Riau, Aplikasi tersebut dibuat untuk memudahkan Pemda dalam menyampaikan laporan dan memudahkan Monitoring dari KPK.

Sambutan Abdul Haris Koordinator Wilayah II KPK RI

Untuk Kepri merupakan Daerah rawan Korupsi atau daerah Merah terutama soal perizinan, reklamasi untuk itu saya berharap kedepannya di Kab Kepulauan Anambas tidak ada yang terlibat dalam praktek Korupsi ini.

Jenis Tipikor UU No.31/1999 Jo UU No 20/2001, yakni : Kerugian Keuangan Negara (Penyelewengan wewenang); Suap Menyuap; Pengelapan Dalam Jabatan; Pemerasan; Perbuatan Curang; Konflik Kepentingan dalam Pengadaan; dan Gratifikasi.

Sambutan Hasnidar Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas

Penyampaian dari Aida Ratna Zulaiha (Satgas KPK RI) menilai pelaporan pemerintah KKA cukup baik dan cukup sistematis. Prosentase capaian tahun 2018 sebesar 61% menjadi 76% di tahun 2019 (meningkat 15%) dimana untuk KKA peringkat capaian pemerintahdaetah di wilayah Kepulauwan Riau tahun anggaran 2019 meraih tingkat ke 2 dari 8 Pemkab di Kepri.

Sambutan Abdul Haris Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas

Kunci keberhasilan pencegahan Tipikor yakni memberlakukan sistim yang transparan dan akuntable, komitmen Pimpinan dalam pencegahan tipikor di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas dan pemimpin harus memberikan keteladanan kepada bawahannya. Kegiatan diakhiri dengan penyerahan cinderamata dari Pemerintah Daerah KKA kepada Tim KPK RI dan foto bersama.(*)

Kiriman : Rama
Editor : Dedy Suwadha



PKP DREAMLAND
FANINDO
WIRARAJA
DEWAN PERS WARTAKEPRI

Pendapat Anda

25 views