Disdik Natuna: Tertib Pengelolaan Manajemen Dan Administrasi Keuangan disekolah – WartaKepri.co.id
212 views

Disdik Natuna: Tertib Pengelolaan Manajemen Dan Administrasi Keuangan disekolah





WARTAKRPRI.CO.ID – Sekretaris Dinas Pendidikan, Muhammad Faisal Hasibuan menyampaikan, Melalui kegiatan manajemen keuangan maka kebutuhan pendanaan kegiatan sekolah dapat direncanakan, diupayakan pengadaannya, dibukukan secara transparan, dan digunakan untuk membiayai pelaksanaan program sekolah secara efektif dan efisien.

“Sudah sewajarnya pelaksanaan pengelolaan keuangan dilaksanakan sebaik-baiknya dengan berpedoman kepada aturan dan perundang-undangan yang berlaku,” ujar Faisal disela-sela pembukaan kegiatan Pelatihan Pengelolaan Administrasi Keuangan Sekolah Tahun 2020 di Aula Hotel Madani Ranai Darat, Senin, (9/3/2020).

Faisal menyampaikan, pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman, sebab Sekolah adalah sebuah aktifitas besar yang di dalamnya ada empat komponen yang saling berkaitan.

Empat komponen yang di maksud adalah Staf Tata laksana Administrasi, Staf Teknis pendidikan didalamnya ada Kepala Sekolah dan Guru, Komite sekolah sebagai badan independent yang membantu terlaksananya operasional pendidikan, dan siswa sebagai peserta didik yang bisa di tempatkan sebagai konsumen dengan tingkat pelayanan yang harus memadai.

“Kepala Sekolah dan Bendahara yang belum memahami masalah keuangan saya harap aktif bertanya kepada narasumber nantinya, ingat untuk menghabiskan dan mengelola mungkin gampang, tapi administrasi jangan sampai diabaikan,” ujarnya.

Faisal mengingatkan auditor atau pemeriksa lebih mengutamakan pemeriksaan dari sisi pertanggung jawaban (dokumen), surat keputusan penunjukan bendahara, kepanitiaan di sekolah harus diperhatikan jangan sampai tidak ada.

“Bagaimaan mau melaksanakan anggaran, sementara surat keputusannya juga tidak ada,” terang Faisal.

Kepada kepala sekolah, Faisal mengintruksikan dalam pengelolaan anggaran transparansi dan akuntabilitas wajib dipegang, semua tahapan dan proses penganggaran di sekolah harus dilalui dengan benar jangan ada yang dilewati.

“Saya menyarankan kalau bisa untuk mendukung transparansi anggaran di sekolah tiap sekolah membuat papan yang memuat keuangan sekolah seperti yang dilakukan di desa-desa, supaya semua orang tahu dan bersama-sama mengawasinya,” pintanya.

Sementara itu Suhardi, Kasi Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan menyampaikan, peserta pelatihan ini terdiri dari 40 orang kepala sekolah dan bendahara SLTP Se-Kabupaten Natuna, mereka akan diberikan materi selama tiga hari dari mulai tanggal 9 sampai dengan 11 Maret 2020.

“Narasumber kita ambil dari BPKAD dengan materi penggunaan dana bos dan bros, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan materi pemanfaatan aplikasi dana bos,” tukasnya. (slm)



PKP DREAMLAND
FANINDO
WIRARAJA
DEWAN PERS WARTAKEPRI

Pendapat Anda

212 views