Tindaklanjuti Usulan Pemkab, DPRD Datangi Kemenpora Perjuangkan Sarana Olahraga Natuna

18

WARTAKEPRI.CO.ID – Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Natuna, berkunjung ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, dalam rangka konsultasi soal pengembangan olahraga Kabupaten Natuna akan menjadi tuan rumah Porprov Kepri 2022.

Wan Aris menyampaikan bahwa pihak Kemenpora menyambut baik kedatangan rombongan komisi I DPRD Natuna.

Komisi 1 DPRD Natuna tindaklanjuti 7 poin usulan daerah yang terima oleh Gotot S Dewa Broto, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI. Rabu, (11/3/2020).

Rombongan Komisi I terdiri dari Ketua Wan Aris munandar, Wakil Ketua Pang Ali, Sekretaris Husin beserta Anggota Baharuddin, Ibrahim, Wan Riccy Saputra. Mereka diterima oleh Sekretaris Kemenpora.

“Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga akan menyampaikan ke pada Pak Kemenpora tindak lanjut terkait usulan pemerintahan Natuna serta mendorong pemerintah Natuna untuk mengembangkan olahraga berprestasi,” kata Wan Aris Ketua Komisi 1 DPRD Natuna.

Haris mengatakan, semangat olahraga dan kewirausahaan di kawasan perbatasan negara di Natuna yang infrastruktur nya sangat minim, untuk memperkuat persatuan dan kesatuan NKRI di garda terdepan Indonesia dan ini sesuai dengan arahan prioritas RPJMN 2020 – 2024.

PKPONLINE PKP DREAMLAND

“Semua saran dari Kemenpora akan disampaikan kepada Natuna, termasuk kepada organisasi perangkat daerah (OPD) yang berwenang mengurusi masalah tersebut,” ujar wan Aaris.

Menurut Wan Aaris, agar pemerintah Natuna fokus pada olahraga-olahraga yang sudah menghasilkan prestasi dan mengharumkan nama daerah.

“Dengan demikian, maka pemerintah pusat akan lebih mudah untuk mencari bibit-bibit unggul olahragawan dari tiap daerah termasuk Natuna, karena sudah jelas apa prestasi dan kemampuannya,” katanya.

Kemenpora juga minta supaya pemerintah daerah mendorong penyediaan fasilitas bagi pengembangan olahraga berprestasi daerah sesuai dengan spesifkikasinya, kata Wan Aaris.

Karena itu menurutnya, maka DPRD Natuna mengingatkan agar pemerintah  memanfaatkan kesempatan dan menjadikan dorongan Kemenpora tersebut sebagai motivasi untuk mengembangkan olahraga berprestasi di Natuna.

Sehubungan dengan beberapa usulan Pemkab Natuna, Kemenpora akan berupaya untuk mengalokasikan anggaran atas usulan yang disampaikan tersebut.

“Namun, untuk tahun 2020 sudah tidak dapat masuk lagi, mereka menyampaikan akan mengupayakan masuk dalam APBN 2021, penyelesaian secara bertahap tentunya,” terang Wan Aris.

Selanjutnya Wan Aris akan terus memantau usulan tersebut bersama Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Natuna, supaya segera terealisasi.

Berikut Pokok yang disampaikan ke menpora RI oleh Komisi 1 DPRD Natuna.

1. Kabupaten Natuna tuan rumah PORPROV Kepri 2022, infrastruktur untuk 27 Cabor sangat minim, APBD Kabupaten terbatas.

2. Untuk persiapan sudah direncanakan penyusunan Masterplan dan DED Sport Center Kabupaten Natuna di Tahun 2020.

3. Lahan yang tersedia bersertifikat Hak Pakai Pemda.

4. Tahun 2021 sudah diusulkan penambahan pembebasan lahan (Tahap 1), dan akan diusulkan  tambahan (Tahap 2),(Tahap 3).

5. Untuk pembangunan gedung pemuda, lahan juga sdh tersedia, DED juga disusun tahun ini (lahan bersertifikat HP Pemda).

6. Untuk pembangunanan bumi perkemahan, lahan juga tersedia bersertifikat HP Pemda.

7. Pembangunan GOR Indoor Tenis Lapangan, lahan tersedia bersertifikat HP Pemda. (Rky)

Komentar Anda

BBK MURAH FANINDO DEWAN PERS WARTAKEPRI