Tanggap Cepat Bupati Anambas Bentuk Tim Cegah Wabah Corona, Antisipasi Puasa dan Kapal Yacth

203

Wartakepri.co.id, Anambas – Rapat Koordinasi (Rakor) Terkait Penanganan dan Pembentukan Tim Penanggulangan Wabah Coronavirus Disease (Covid-19) di tingkat Kabupaten Kepulauan Anambas, rapat koordinasi tersebut berlangsung di Aula Siantanur Jalan Imam Bonjol Kelurahan Tarempa Kecamatan Siantan Kabupaten Kepulauan Anambas(KKA), Minggu 15/3/2020 malam.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Abdul Haris, SH Bupati KKA, dan dihadiri oleh Wan Zuhendra Wakil Bupati KKA, Sahtiar SH.MM Sekda KKA, Islam Malik Kepala BPBD KKA, Ferdiansyah Wakil Ketua II DPRD KKA, Andi Agrial Kabankesbangpol KKA, Fahri Hidayat Anggota DPRD KKA, Ade Suganda Mewakili Kacabjari Tarempa, Erizal Abdullah Kepala Kemenag KKA, dr. Rini Direktur UPT RSUD Tarempa, Effi Sjuhairi Kadis DP3 KKA, Pelda Wamada Danramil 02 Tarempa, Herianto Kadinkes KKA, Yendi MM Asisten III KKA, Yunizar Kepala PTSP KKA, Jefrizal Kadis Kominfo KKA, Zairin Kasatpol PP KKA, Baban Subandi Kabid Dinkes Penanggulangan Penyakit Menular KKA, dan diikuti OPD sekitar 50 orang.

Abdul Haris. SH dalam penyampaiannya mengatakan bahwa pada malam hari ini kita bersama Forkopimda Kabupaten Kepulauan Anambas melaksanakan Rakor terkait penanganan dan pembentukan Tim Coronavirus Disease (Covid-19) Tingkat Kabupaten Kepulauan Anambas, dalam hal ini agar memberikan rasa aman kepada masyarakat, mengantisipasi penyebaran virus covid-19 di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Nantinya aparat terkait seperti Syahbandar, Lanal, Kacabjari, Imigrasi, Kepolisian, Imigrasi serta seluruh instansi wajib dilibatkan dalam mencegah penyebaran Virus Corona Covid-19 di Wilayah Kepulauan Anambas.

Katanya di bulan puasa tingkat penularannya akan lebih tinggi, saya intruksikan agar membuat surat yang diteruskan kepada BNPB Pusat apa saja yang kita butuhkan untuk daerah.

Insya Allah hal ini akan dibantu oleh pihak BNPB Pusat, supaya tidak terlambat, terkait untuk Kapal Yacht dan Wisman kita harus sepakat bagaimana solusi untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona Covid-19 di Wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas.

Baban Subandi Kabid Dinkes Penanggulangan Penyakit Menular KKA mengatakan Pintu masuk adalah pelabuhan, yang perlu kita waspadai kapal dari Jakarta, seperti pemeriksaan ABK kapal yang dari Jakarta, Dinas Kesehatan dan KKP berhak untuk menolak para wisatawan yang akan berkunjung ke Kabupaten Kepulauan Anambas.

Terkait dengan Kasus salah satu warga Desa Munjan atas Rujukan RSUD Tarempa menuju RSUD Raja Ahmad Tabib Tanjungpinang kemarin itu masih bisa kita tangani, namun APD kita belum ada. Hal ini dikarenakan warga yang pulang dari negara Singapura dengan warga tersebut seharusnya wajib di observasi.

Islam Malik Kepala BPBD Anambas mengatakan bahwa akan membuat SK siaga darurat menindaklanjuti surat edaran dan membentuk Tim Kesiapsiagaan dalam Penanganan Coronavirus Disease (Covid-19) Tingkat Kabupaten Kepulauan Anambas.

Erizal Abdullah Ka. Kemenag KKA mengatakan
Saya melihat transkrip pernyataan Presiden RI agar tidak bersentuhan mengingat tidak dan kurangnya mengenai informasi terkait Covid-19, dalam sehari yang lalu bahwa kita sudah mendapatkan intruksi dari kementerian agama, apakah kita perlu membuat di hari jumat nantinya untuk membahas dalam kutbah yang mengatakan terkait Penanganan Covid-19.

Hasil rapat koordinasi diperoleh kesepakatan yakni, membentuk Tim Kesiapsiagaan dalam Penanganan Coronavirus Disease (Covid-19) Tingkat Kabupaten Kepulauan Anambas, melakukan koordinasi dan komunikasi secara aktif dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat dalam penanganan penyebaran virus Corona, memastikan bahwa sampai saat ini tidak ada ditemukan positif terpapar covid-19, menganjurkan masyarakat untuk membiasakan pola hidup bersih dan sehat dengan selalu mencuci tangan, menghimbau kepada masyarakat untuk mengurangi kegiatan di ruang publik yang melibatkan banyak orang, menghimbau untuk tidak berpergian keluar negeri, dan membatasi perjalanan ke daerah-daerah yang terpapar covid-19, menghimbau masyarakat untuk tidak menyebarkan berita dan informasi yang tidak benar terkait covid-19, serta menghimbau masyarakat untuk tetap waspada, tenang, kontrol diri terhadap keluarga dan lingkungan serta selalu berdoa meminta keselamatan kepada Allah SWT.(Rama).

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel