Antisipasi Virus Corona di Kepri, Pemprov Umumkan 122 Orang Dengan Status ODP dan PDP – WartaKepri.co.id
1,715 views

Antisipasi Virus Corona di Kepri, Pemprov Umumkan 122 Orang Dengan Status ODP dan PDP





WARTAKEPRI.co.id, TANJUNGPINANG – Diumumkannya satu warga Kepri Positif Corona oleh Pemerintah Pusat, secara resmi langsung ditanggapi oleh Sekdaprov Kepri bersama pejabat terkait untuk menjelaskan status Wabah Corona di Provinsi Kepri.

TS Arif Fadillah Sekda Kepri didampingi, Kadinkes Kepri Tjetjep Yudiana, Kadinkes Tanjungpinang Rustam, M.Kes, Plt. Dirut RSUP RAT Kepri dr. Elfiani Sandri, Ka. Satgas Kes Penanganan Covid 19 Kepri Budiharto dan Kabidokkes Polda Kepri Kombespol Dr. Muhammad Haris, di Kantor BPBD Provinsi Kepri, Tanjungpinang, Selasa (17/3/2020).

Diawal pertemuan dengan media, untuk pasien positif Warga Kota Tanjungpinang dengan Inisial usia (71) Laki Laki Warga Bukit Bestari, Pekerjaan Penjual Tahu

Berikut penjelasan dari masing masing pejabat yang hadir, dimulai dari Kadinkes Kepri.

Tjetjep Yudiana mengatakan Prov. Kepri adalah Provinsi ke 4 yang memiliki kasus Positif Covid-19 se Indonesia berdasarkan data yang terangkum di Pemerintah Pusat.

Dan Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP)
dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Prov. Kepri adalah :

1 Kota Batam
PDP : 60 Orang
ODP : 18 Orang

2. Kota Tanjungpinang
PDP : 6 Orang.
ODP : 29 Orang.

3. Kab. Natuna
PDP : 0 Orang.
ODP : 1 Orang.

4. Kab. Kep. Anambas
PDP : 0 Orang.
ODP : 2 Orang.

5. Kab. Bintan
PDP : 0 Orang.
ODP :6 Orang.

6. Kab. Lingga
PDP : 0 Orang.
ODP : 0 Orang.

Jika diakumulasikan data diatas, maka OPD dengan PDP mencapai 122 orang. Dari jumlah ini baru diumumkan positif 1 orang, warga Tanjungpinang, pada Selasa (17/3/2020)

Satgas Covid 19 Provinsi Kepri baru dibentuk, untuk langkah kedepannya akan dilakukan upaya pencegahan oleh tim-tim satgas.

Sementara itu, Rustam (Kadinkes Tanjungpinang) mengatakan pihaknya sudah melakukan 124 tresing terhadap ODP dan PDP yang berasal dari Orang-orang terdekat dari PDP. Dan yang sudah kita pilah yakni 1 (Satu) orang yang sudah kita nyatakan Positif dan selebihnya ODP yang kita karantina rumah.

Orang dalam Pemantauan (ODP) yang pernah melakukan kontak kepada PDP akan kita awasi terus menerus dan terkait data indetitas lengkap PDP.

Saat ini data PDP sudah dilaporkan ke Pemerintah Pusat dan kita akan terus menunggu konfirmasi lebih lanjut dari Pusat.

Selanjutnya dr. Elfiani Sandri (Plt. Dirut RSUP RAT Kepri), mengatakan saat ini RSUP RAT Tanjungpinang membatasi jam besuk bagi keluarga dan rekan yang menjadi PDP di RSUP RAT Tanjungpinang.

Untuk biaya para PDP Covid-19 akan ditanggung seluruhnya oleh Pemerintah Pusat dan saat ini tim kes berusaha semaksimal mungkin untuk menangani kasus ini.

Untuk saat ini hanya 1 (Satu) orang yang sebelumnya telah dinyatakan Positif mengidap Covid-19, kita berharap seluruh PDP dan ODP bisa sembuh berkat semua usaha dari pihak-pihak yang berkaitan.

Sedangkan Kombespol Dr. Muhammad Haris Kabidokkes Polda Kepri mengatakan Terkait masalah penimbunan sembako yang ada di Kepri pihak Polda Kepri akan menindaklanjuti sesuai dengan arahan Kapolda Kepri.

Tetakhir TS Arif Fadillah Sekda Prov Kepri mengatakan Satgas sudah dibentuk kemaren dengan penanggung jawab Bapak Gubernur, setiap jam 1 siang Tim Satgas rapat di gubernur untuk laporan gerak cepat dimana masing-masing memberikan informasi.

Tim gugus hanya perpanjangan tangan dari Kementerian kesehatan, segala bentuk penyampaian terkait PDP itu harus kesepakatan dari tim pusat, terkait kekurangan masker akan bekerja sama dengan kimia Farma.

Dengan adanya positiv 1 orang, status Kepri belum ditentukan, akan berkomunikasi di Tim pusat Kebijakan apa yg nantinya ditentukan untuk status Kepri.

Untuk ASN kedepannya akan dibuat Sistem penjadwalan agenda masuk kerja oleh BKD dan ASN menghindari perkumpulan, Kominfo akan membuat aplikasi absen untuk ASN dari rumah.

Edaran Gubernur untuk masing kepala daerah menjaga kondisi ekonomi akan tidak ada kepanikan, kebutuhan pokok harus terpenuhi.

Seluruh Sekda dan Pemerintah daerah yang ada di Kepri itu bagian dari kita, sehingga data masalah kesehatan yang ada dari luar Tanjungpinang harus satu pintu disampaikan Kadinkes PROV.(*)

Kiriman : Rama
Editor : Dedy Suwadha



PKP DREAMLAND
FANINDO
WIRARAJA
DEWAN PERS WARTAKEPRI

Pendapat Anda

1,715 views