Pelaku Penyebaran Berita Hoax Diamankan Subdit V Ditreskrimsus Polda Kepri – WartaKepri.co.id
67 views

Pelaku Penyebaran Berita Hoax Diamankan Subdit V Ditreskrimsus Polda Kepri





WARTAKEPRI.co.id, BATAM–Ditreskrimsus Polda Kepri melalui Tim Subdit V mengamankan seorang pria berinisial H (29) diduga melakukan tindak pidana penyebaran virus Corona atas nama Grup Whatsaap pelaut.

“Pelaku menyebarkan berita tidak benar alias Hoax, sehingga ini menimbulkan dampak kegaduhan baik negara maupun dunia maya. Selanjutnya kami menganalisa menjaring dan menangkap (H) diduga menyebar. Dilakukan penangkapan,”kata kasubdit V Ditreskrimsus, Kompol I Putu Bayu Pati, Selasa (17/3/2020) di Ruang Media Centre Polda kepri.

Menurut Putu, selain mengamankan pelaku, kita juga mengamankan satu buah KTP milik pelaku untuk melakukan aktivasi. Kemudian ada sim card yang digunakan pelaku, serta handphone.

“Postingan tersebut tidak benar, sehingga bersangkutan kita cari dan amankan kurang lebih 24 jam pelaku diamankan,”ungkap Putu.

Putu menjelaskan, Pelaku berasal dari wilayah kabupaten Cianjur bekerja sebagai ABK kapal di Batam. Saat ditanyai tujuan dari membuat postingan tersebut, “Gak ada tujuan apa apa pak,”sebutnya.

Dari kronolisnya, pada saat itu pelaku memposting informasi pada Minggu (8/3/2020) di akun Facebook miliknya. kemudian memposting kembali postingan tersebut ke akun grup bernama “Info Loker Pelaut”. Akhirnya kurang dari 24 jam pelaku diamankan tim Subdit V Ditreskrimsus Polda Kepri.

Sementara Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Gokdenhart menjelaskan bahwa sehubungan dengan hal ini, kami himbau agar lebih bijak memahami media sosial ini. Jangan mudah terprovokasi.

“Dugaan ini bisa diungkap dari patroli tim Subdit V Ditreskrimsus, menemukan sebuah akun dimana berisi tulisan ataupun kalimat tidak bisa dipertanggung jawabkan alias Hoax.

Pelaku berinisial (H) selaku pemilik akun diamankan disebuah wilayah Nongsa. situasi seperti ini kita semua berharap masyarakat bersatu padu. Paling tidak jangan menyebar isu yang tidak benar atau Hoax,”tegas Kombes Pol Harry Gokdenhart.

Berikan ketenangan baik dunia maya, maupun media sosial. Sehingga mendapatkan informasi yang betul-betul terverifikasi.

Sekali lagi, Saya menghimbau kepada seluruh pengguna media sosial yang ada di Batam maupun Kepri, mari bersatu padu menciptakan suasana tentram dan tidak membuat gaduh.

Kombes Pol Harry Gokdenhart menerangkan bahwa kepada pelaku dijerat dengan pasal 28 ayat 2, Pasal 45 A ayat 2 Undang-undang Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-undang Republik Indonesia Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan transaksi elektronik junto pasal 28 ayat 2 dengan ancaman minimal 5 tahun penjara.

Tulisan:Taufik Chan



PKP DREAMLAND
FANINDO
WIRARAJA
DEWAN PERS WARTAKEPRI

Pendapat Anda

67 views