Antisipasi covid-19, Rutan Kelas II B Tanjungbalai Karimun Terapkan Sidang Online – WartaKepri.co.id
164 views

Antisipasi covid-19, Rutan Kelas II B Tanjungbalai Karimun Terapkan Sidang Online

WartaKepri - Ansipasi covid-19, Rutan Kelas II B Tanjungbalai Karimun Terapkan Sidang Online

WartaKepri - Ansipasi covid-19, Rutan Kelas II B Tanjungbalai Karimun Terapkan Sidang Online





WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Ditengah-tengah merebaknya Virus Corona (Covid-19) yang semakin meluas, tidak terkecuali di wilayah Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas II B Tanjungbalai Karimun, kreatif dan inovatif dalam mengambil langkah.

Apabila lazimnya sidang atas suatu perkara digelar di ruang sidang Pengadilan, maka kali ini sangat berbeda. Sidang Putusan dan tuntutan Pengadilan Negeri Karimun digelar diaula Sahardjo Rutan Kelas II B Tanjungbalai Karimun.

“Hal ini tentunya sesuai surat edaran dari Kementerian Hukum dan HAM, terkait sidang online ini, dimana sidang online ini sudah kali ketiganya dilaksanakan di Rutan Karimun ini,” terang Kepala Rumah Tahanan kelas II B Tanjungbalai Karimun Dody Naksabani kepada WARTAKEPRI.co.id di ruang kerjanya, Kamis (26/3/2020).

Dody menyebut, sidang secara online yang digelar dengan sebutan Rutan Bumi Berazam (Rukazam) tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kejaksaan Negeri Karimun.

“Untuk persidangan telah kami sediakan ruangan di Aula Rutan Karimun, dengan disambut baik dari pihak Kejaksaan sendiri,” ungkapnya.

Diungkapkannya, guna mempermudah dalam pelaksanaan persidangan sendiri, Rutan Karimun telah menyediakan baik sarana maupun prasarana penunjang lainnya yang cukup memadai, diantaranya berupa layar monitor, Sound system, sehingga memudahkan komunikasi sekaligus memperjelas suara saat pelaksanaan sidang, serta layanan wifi yang memadai.

“Kami hanya menyiapkan sarana dan prasarana saja, dan untuk persidangan tersebut durasinya (waktu) dari pihak Kejaksaan yang telah menentukannya, kita hanya memfasilitasi serta menempatkan petugas dari Rutan Karimun dalam pelaksanaan tugas persidangan,” ujarnya.

Dody juga menambahkan, dilakukan persiangan ini juga guna pencegahan dan penyebaran wabah virus corona ke dalam Rutan, dan untuk menunjukkan berkat adanya  koordinasi, kolaborasi dan sinergitas semua pihak, langkah preventif dalam pencegahan dan penanganan penyebaran virus corona (covid-19) dapat dilakukan dengan baik.

“Tentunya dengan tidak menghambat dan mengurangi produktifitas serta pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing instansi, sekaligus membuktikan bahwa penerapan Teknologi Informasi dalam sebuah inovasi merupakan solusi nyata untuk mendobrak segala keterbatasan yang ada,” katanya.

Dody menyebut, melalui video conference (e-court) tidak menghadirkan semua pihak secara fisik disatu ruang sidang, tetapi tetap berada dilokasi masing-masing, dimana Jaksa dan Hakim tetap berada di Pengadilan, namun terdakwa tidak dihadirkan di Pengadialan Negeri, melainkan tetap di Rutan.

“Sehingga komunikasi dilakukan melalui media sarana vicon, ini dilakukan sebagai langkah untuk pencegahan penyebaran virus,” imbuhnya.

Hal ini tentunya merujuk dari surat edaran Sekretais Jenderal nomor SEK.03-OT.02.02 Tahun 2020, tentang pemberitahuan berdinas dari rumah (work from home), dilingkungan Hukum dan HAM, nomor PAS -08.OT.02/02 tahun 2020 tertanggal 17 Maret 2020, tentang pencegahan, penanganan, dan pengendalian Covid-19.

 

Reporter : Aziz Maulana



PKP DREAMLAND
FANINDO
WIRARAJA
DEWAN PERS WARTAKEPRI

Pendapat Anda

164 views