Kades Tiangau Ciptakan Portal Jalan, Untuk Cegah Penyebaran Covid-19 di Desanya – WartaKepri
536 views

Kades Tiangau Ciptakan Portal Jalan, Untuk Cegah Penyebaran Covid-19 di Desanya

WartaKepri - Kades Tiangau Ciptakan Portal Jalan, Untuk Cegah Penyebaran Covid-19 di Desanya.

WartaKepri - Kades Tiangau Ciptakan Portal Jalan, Untuk Cegah Penyebaran Covid-19 di Desanya.

PKP DREAMLAND

Wartakepri.co.id, Anambas – Kepala Desa Tiangau, Kecamatan Siantan Selatan Khermansyah bersama warganya berinisiatif melakukan pembuatan portal penjagaan terhadap warga yang masuk ke kawasan desa Tiangau, baik itu warga desa yang akan keluar maupun warga desa yang akan masuk.

Saat dikonfirmasi kepada Kepala Desa Tiangau Khermansyah, ia membenarkan bahwa tujuan melakukan pemeriksaan terhadap warga yang akan berkunjung merupakan antisipasi pencegahan penyebaran Covid-19.

“Ini kita lakukan atas inisiatif desa sendiri sesuai dengan surat ederan dari menteri desa, PDT dan Transmigrasi nomor.8/2020 tanggal 24 Maret 2020, desa tanggap Covid-19 dan penegasan padat karya tunai pedesaan,” jelas Khermansyah.

Khermansyah juga mengatakan, berdasarkan inisiatif dari warga desanya, dana yang digelontorkan untuk penanganan terhadap penyebaran Covid-19 ini menggunakan dana penanggulanan desa tidak terduga.

“Portal ini nantinya akan mengidentifikasi pendatang dari luar, dari dalam juga kita antisipasi, kalau ini sudah aktif warga kita yang mau keluar akan kita tanya terlebih dahulu, kalau tidak ada kepentingan tidak kita kasih keluar,” tegasnya.

Selain menanyakan kepentingan warga yang akan masuk dan keluar, pihak desa Tiangau juga akan menyediakan penyemprotan disinfektan bagi mereka yang datang dan mereka juga diwajibkan untuk mencuci tangan.

“Nanti kita akan menyediakan tempat cuci tangan dan mereka wajib mencuci tangan terlebih dahulu, saat ini kita lagi menunggu alat penyemprot datang,” kata Khermansyah.

Penjagaan portal akan dilaksanakan sampai pukul 11.00 Wib malam, pihak desa saat ini akan melakukan musyawarah terlebih dahulu, mulai dari pemberian insentif para penjaga nantinya.

“Nanti kita juga aka  minta petugas dari satpol pp dan dishub untuk bekerja sama untuk membantu penjagaan ini sesuai dengan fungsinya masing-masing,” lanjutnya.

Adapun yang petugas yang terlibat nantinya saat penjagaan di portal ditunjuk dari relawan, ketua desa, wakil ketua BPD, anggota dari perangkat desa, RT RW, pendamping desa, masyarakat dan bhabinsa. (Rama)

Komentar Anda



FANINDO
DEWAN PERS WARTAKEPRI

PEMPROV KEPRI
DPRD BATAM
PEMKO BATAM
DPRD ANAMBAS
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
DPRD KARIMUN
PEMKAB KARIMUN
DPRD LINGGA
PEMKAB LINGGA