KABAR GEMBIRA, Dirut PLN Pertimbangkan Diskon Tagihan Listrik untuk Pelanggan 1.300 VA dan 900 VA Nonsubsidi

374
Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini. Foto Istimewa/PLN/MediaIndonesia

WARTAKEPRI.co.id – Desakan diskon untuk pelanggan listrik dengan daya 1.300 VA dan 900 VA Nonsubsidi mengemuka setelah PT PLN (Persero) memberikan stimulus listrik gratis dan token listrik gratis tiga bulan selama pandemi Virus Corona (COVID-19). Usulan diskon listrik pelanggan 1.300 VA dan 900 VA Nonsubsidi kini terus dikaji manajemen PLN.

Seperti diketahui pelanggan PLN dengan daya 450 VA mendapatkan token listrik gratis sementara pelanggan subsidi 900 VA mendapatkan diskon 50 persen. Terbaru, pemerintah tengah mempertimbangkan subsidi bagi pelanggan 900 VA non-subsidi dan 1.300 VA.

Telah di bahas di pihak direksi PLN. Melansir dari Kompas TV, rencana memberikan keringanan untuk pelanggan PLN 900 VA nonsubsidi dan 1.300 VA diungkapkan oleh Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini.

Hal ini menyusul banyak kritik dan saran yang ditujukan ketika PLN memutuskan memberi diskon dan token listrik gratis untuk pelanggan golongan 450 VA dan 900 VA.

“Kami terus memonitor pelanggan rentan yang menggunakan listrik golongan 900 VA nonsubsidi dan 1.300 VA,” kata Zulkifli dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) virtual dengan DPR RI.

Lebih lanjut, Zulkifli menyebut, rata-rata biaya tagihan listrik yang dibayar oleh pelanggan golongan 900 VA nonsubsidi sebesar Rp190.000 per bulan.

Sedangkan biaya tagihan listrik pelanggan golongan 1.300 VA rata-rata mencapai Rp450.000 per bulan. PLN pun baru bisa memperoleh gambaran mengenai pelanggan-pelanggan mana saja yang akhirnya terdampak Covid-19pada 20 April. Pasalnya, tanggal 20 di setiap bulan merupakan batas akhir pembayaran tagihan listrik PLN.

“Kalau sudah 20 April kita bisa tahu berapa banyak pelanggan 900 VA dan 1.300 VA yang betul-betul kesulitan membayar listrik. Nanti akan kami bagikan datanya,” ujar Zulkifli.

Data tersebut nantinya bisa menjadi bahan pertimbangan bagi PLN yang tentunya berkoordinasi dengan pemerintah untuk kelanjutan kebijakan keringanan tarif listrik.

Namun demikian, Zulkifli mengakui kondisi saat ini belum memungkinkan bagi PLN untuk memperluas insentif tarif listrik dalam skala besar dengan menyasar pelanggan sektor bisnis dan industri.

“Kalau insentif skala besar, sudah pasti PLN tidak akan mampu melaksanakannya karena balance sheet kami tidak bisa,” ucap Zulkifli.

Selain itu, PLN juga menyalurkan bantuan senilai Rp 10,2 miliar untuk penanggulangan Covid-19di Indonesia.

“Sebagai perusahaan BUMN, tentu kami ingin hadir untuk turut serta membantu menangani Covid-19 yang sedang mewabah di Indonesia. Semoga upaya yang kami lakukan ini dapat membantu menghentikan penyebaran Covid-19 di Indonesia,” ujar Direktur Human Capital Management PLN Muhammad Ali, dilansir dari Kompas.com dalam artikel ‘Penanggulangan Corona, PLN Sumbang Rp 10,2 Miliar’

Bantuan yang disalurkan melalui Kementerian BUMN antara lain, 6.002 baju hazmat, 19.573 masker, 22.624 sarung tangan, 30 kaca mata, 190 pelindung wajah (face shield), 1.700 penutup kepala, 1.948 liter hand sanitizer, 30 jerigen disinfektan, 3 buah thermogun, serta 70 paket lengkap Alat Pelindung Diri (APD).

Klaim token listrik gratis bermasalah? Ini Cara Mengatasinya

Masih bingung atau bermasalah saat melakukan klaim token listrik gratis di www.pln.co.id & Whatsapp (WA) 08122-123-123? Tak perlu khawatir, ada cara cepat untuk berkonsultasi ke pihak PLN agar masalahmu terselesaikan.

Seperti diketahui, PT PLN (Persero) menggratiskan listrik bagi pelanggan daya 450 VA serta diskon 50 persen bagi pelanggan 900 VA untuk warga tidak mampu disaat wabah virus corona (Covid-19).

Namun, di antara pelanggan mungkin masih ada yang bingung atau bermasalah saat melakukan klaim token listrik gratis di www.pln.co.id & Whatsapp (WA) 08122-123-123.

Melansir dari unggahan Twitter @pln_123, pelanggan bisa berkonsultasi ke PLN dengan cepat melalui Virtual Assistant PLN 123. Virtual Assistant PLN 123 ini lebih praktis dan mudah dibandingkan menghubungi ke PLN 123 & PLN Mobile.

Caranya cukup mudah, yakni:
1. Buka www.pln.co.id
2. pilih menu Web Korporasi PLN di bagian kiri.
3. Lalu pilih Virtual Assistant PLN 123.

Melalui menu ini, kamu bisa berkonsultasi dengan PLN dan pastinya cepat dijawab.(*)

Sumber : surya,co/kompastv

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PKPONLINE PKP DREAMLAND