Bupati Anambas Pimpin Rapat Terkait Sholat Tarawih Dan Sholat Ied Kondisi Corona

271

Wartakepri.co.id, Anambas – Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas bersama Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas pimpin Rapat Teknis Penentuan Sholat Tarawih dan Sholat Ied Dalam Suasana Covid-19 di Wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas

Rapat tersebut berlangsung di Ruang Rapat Kantor Bupati Lt.02, Jl. Pasir Peti, Kec. Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), yang mana telah berlangsung kegiatan Rapat Teknis Tentang Penentuan Sholat Tarawih dan Sholat Ied di Anambas.

Rapat tersebut dipimpin oleh Abdul Haris (Bupati KKA) dan dihadiri antara lain Wan Zuhendra (Wakil Bupati KKA), Kompol Yudi Sukmahadi (Waka Polres KKA), Sahtiar (Sekda KKA), Amat Yani (Anggota DPRD KKA Fraksi PBB), Kapten Laut (P) Khanwar (Mewakili Danlanal Tarempa), Lettu Laut (T) M. Ishak B. (Dansatma Lanudal Matak, Heriyanto (Kadinkes KKA), Muhammad Dun (Ketua MUI KKA), Eko Desi (Kadishub KKA), Andi Agrial (Kabankesbangpol KKA), AKP M. Jaiz (Kabag Ops Polres KKA), Pelda Mawawndi (Plt. Danramil 02 Tarempa), Ulil Amri (Kasubbag Keagamaan KKA), Herry Fakhrizal (Sekretasi Satpol PP KKA), dan OPD KKA.

Bupati Anambas, Abdul Haris mengatakan, Pemerintah kabupaten kepulauan Anambas Tidak melakukan lockdown, tapi membatasi aktifitasnya,dan nantinya akan di bangun pos terpadu dibeberapa titik yang rawan dilewati orang dengan mengajak kerja sama TNI – Polri untuk ditempatkan disetiap pos nantinya.

“Selain itu juga akan membatasi jumlah kapal yang masuk di Kabupaten Kepulauan Anambas, membatasi orang keluar masuk di wilayah Anambas, bagi masyarakat tidak mampu akan diberikan bantuan berupa sembako nantinya, Tim gugus tugas harus selalu memberikan sosialisasi/pemahaman tentang covid 19, mulai dari apa singkatan-singkatan apabila orang tersebut diberikan status OTG, ODP dan PDP,” tuturnya.

Ketua MUI KKA, Muhammad Dun mengatakan, menyangkut pelaksanaan sholat tarawih, ada 2 surat dari ulama, bahwa apabila kondisi masih aman dan kondusif maka membolehkan pengurus masjid bersama jamaah melaksanakan ibadah secara berjemaah dengan ketentuan selama situasi dan kondisi di Anambas berada di zona aman dari penyebaran Covid-19, yang sudah ditentukan oleh pemerintah daerah. Hal tersebut diperbolehkan dengan ketentuan harus taat dan patuh dengan kebijakan yang diambil.

Waka Polres Anambas, Kompol Yudi Sukmahadi mengatakan, bahwa pihaknya tetap melakukan pembatasan sosial walaupun nantinya akan diperbolehkan sholat, namun TNI-Polri akan tetap melakukan edukasi dan himbauan kepada masyarakat Anambas.

Hasil rapat Bupati Anambas menimbang dan mengambil keputusan Rumah Ibadah tidak ada yg ditutup, karena masih Zona Aman, Tetap teruskan surat dan himbauan dari Pemerintah, seluruh Tim Gugus Tugas wajib menghimbau dengan memberikan pemahaman tanpa melakukan pembubaran secara paksa dengan diberi pemahaman yang baik,Tetap memantau sesuai Protokol Kesehatan dan dipatuhi,

Gugus Tugas selalu melakukan Pemantauan di Masjid dan tempat ibadah, apabila dipertengahan ada kejadian, dan nantinya hanya petugas saja yang melakukan Adzan, bisa kemungkinan akan melakukan penutupan segala hal tetap menjaga dan menghimbau masyarakat Anambas.(Rama)

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO DPRD ANAMBAS DPRD KARIMUN