Walau Pandemi Covid-19 Danlanal TBK Pastikan Pengamanan di Laut Tidak Boleh Kendor

232

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Pandemi Covid-19 yang sedang melanda saat ini di hampir seluruh dunia, termasuk di Indonesia tidak terkecuali di wilayah Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau. Harus memaksa banyak daerah untuk menghentikan aktivitas keseharian di seluruh sektor kehidupan. Salah satu yang ikut terdampak, adalah sektor kelautan di Indonesia yang juga harus banyak menghentikan aktivitasnya.

Meskipun demikian, khususnya untuk wilayah perairan Karimun, tetap dalam pengawasan serta pantauan dari Mako Lanal Tanjungbalai
Karimun, dimana merupakan salah satu Pangkalan TNI AL yang melaksanakan kegiatan Pertahanan Laut dan Keamanan Laut sekaligus melaksanakan Pembinaan Potensi Nasional Menjadi Kekuatan Maritim (Binpotnaskuatmar) di Wilayah Kabupaten Karimun.

” Personil TNI-AL yang menjaga keamanan di laut tetap dilaksanakan, jadi kalau di lihat kegiatan selama pandemi Covid-19 ini, dimana personil TNI-AL selalu tidak nampak, tidak seperti halnya personil TNI-AD atau Kodim maupun Polres,” terang Danlanal Tanjungbalai Karimun Letkol Laut (P) Mandri Kartono kepada wartawan, Jumat (8/5/2020).

Kendati demikian kata Mandri, dikarenakan personil TNI-AL banyak yang melaksanakan patroli di luar. Karena unsur laut wilayah kerja Mako Lanal TBK di perairan Karimun terdapat 11 wilayah.

“Dalam satu unsur laut itu saja pengawasannya ada yang lima anggota, dan juga ada yang enam personil, jadi hanya habis untuk melaksanakan patroli di wilayah perairan saja, dan itu rutin di rolling terus,” ungkapnya.

PKPONLINE PKP DREAMLAND

Danlanal Mandri Kartono tetap menjamin bahwa, masyarakat di wilayah Karimun tidak perlu khawatir, bahwa penjagaan laut akan tetap selalu dilakukan dengan maksimal.

“Dengan bekerjasama dengan unsur-unsur KRI yang ada di sekitar wilayah Kepulauan Riau,” imbuhnya.

Dirinya menyebut, karena dari pimpinan TNI-AL sendiri untuk penjagaan keamanan laut tetap menjadi prioritas utama, dan selalu ditingkatkan.

“Karena khawatir adanya oknum-oknum yang memanfaatkan kesempatan (keadaan) wabah Covid-19 ini, sehingga penjagaan keamanan laut terus ditingkatnya, termasuk Mako Lanal yang terdapat di seluruh jajaran TNI-AL,” ungkap Mandri Kartono.

Disinggung mengenai tingkat kerawanan yang terdapat di wilayah perairan Karimun, khususnya di selat Malaka dan selat Singapura dirinya mengakui ada beberapa hal yang memang menjadi perhatian khusus bagi Mako Lanal Tanjungbalai Karimun.

“Yang jelas, pastinya kami dapat melaksanakan pengamanan laut diwilayah Kepri, sesuai dengan wilayah kerja Mako Lanal Tanjungbalai Karimun,” pungkasnya.

Dengan kondisi sekarang dimana banyak orang menghentikan aktivitas, sehingga dapat mengantispasi akan adanya potensi peningkatan masuknya kapal ilegal dari negara luar.

Dugaan tersebut yang menguatkan tekad Mako Lanal Tanjungbalai Karimun untuk tidak mengurangi intensitas, apalagi menghentikan operasi pengawasan dan pengamanan di wilayah perairan laut yang dinilai rawan terhadap aktivitas ilegal.(*)

Repoter : Aziz Maulana

Komentar Anda

Polling Bakal Pasangan Calon Gubernur Kepri Periode Agustus 2020

FANINDO DEWAN PERS WARTAKEPRI BBK MURAH