Cerita Seorang Ibu Warga Desa Sei Asam Pasien Pertama Melahirkan di Kapal Ambulans Karimun

696

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Salah satu warga yang telah mendapatkan fasilitas sekaligus pasien pertama Kapal Ambulans Laut, yaitu Tos (53), yang akan melahirkan, Jumat sore (5/6/2020).

Warga Kampung Tengah RT 11, RW 005, Desa Sei Asam, Kecamatan Belat, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau ini, dirujuk menuju rumah sakit karena melahirkan anak ketiganya.

“Iya benar, terdapat warga Belat yang tidak mampu dibawa menuju RSUD HM. Sani yang akan melakukan proses persalinan,” terang Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Kabupaten Karimun, Nasrial.

Dengan demikian kata Nasrial, ibu yang akan melahirkan tersebut menjadi pasien pertama kalinya yang mengunakan akses sekaligus fasilitas Kapal Ambulans Laut, dari Belat dengan tetap memenuhi seluruh persyaratannya.

“Dengan menunjukkan surat Keterangan tidak mampu, baik dari RT dan RW, maupun dari Kelurahannya. Karena Kapal Ambulans Laut ini diperuntukan bagi kaum duafa dan fakir miskin,” ungkapnya, Sabtu (6/62020).

Lebih dalam Nasrial mengkategorikan adanya pasien umum dan pasien khusus. Dimana kalau pasien khusus yaitu orang-orang miskin dan kaum duafa, tidak bayar sama sekali, seluruh biaya akan di tanggung oleh Baznas.

PKPONLINE PKP DREAMLAND

“Sedangkan pasien umum sendiri yang mampu, untuk menggunakan Ambulans Laut, sesuai dengan prosedur SOP,” imbuhnya.

Sehingga, terang Nasrial mampu menekan biaya operasional Kapal Ambulans Laut itu sendiri. Karena untuk biaya operasional, Baznas Kabupaten Karimun sendiri untuk Kapal tersebut cukuplah besar.

“Mencapai 1,3 miliar. Sedangkan dana yang baru tersedia (pasti) dari PT. Timah Rp. 300 juta, dari Baznas Kabupaten Karimun Rp. 150 juta, dengan total biaya operasional baru ada Rp. 450 juta,” imbuhnya.(*)

Reporter : Aziz Maulana

Komentar Anda

BBK MURAH FANINDO DEWAN PERS WARTAKEPRI