Soekarno, Putra Terbaik Bangsa yang Lahir Tanggal 6 Juni 1901

661

WARTAKEPRI.CO.ID, Ir.  Soekarno, merupakan pahlawan bangsa Indonesia yang lahir pada tanggal 6 Juni 1901 di Surabaya, Jawa Timur.

Ia merupakan putra dari pasangan Raden Seokemi Sosrodihardjo dengan Ida Ayu Nyoman Rai. Soekarno adalah Presiden pertama Republik Indonesia. Soekarno bersekolah di Tulungagung dan ketika pindah ke Mojokerto, ayahnya memasukkan Soekarno ke Eerste Inlandse School.
Pada tahun 1911, ia dipindahkan ke Europeesche Lagere Schol (ELS). Hal itu dilakukan  kelak mudah diterima di Hoogere Burger School (HBS). Setelah lulus dari ELS pada tahun 1915, Soekarno muda ahirnya berhasil meneruskan pendidikannya di HBS, Surabaya, Jawa Timur.
Setelah tamat dari HBS pada tahun 1920, Soekarno melanjutkan pendidikannya ke Technische Hoge School (sekarang bernama ITB). Di sana ia mengambil jurusan Tehnik Sipil. Soekarno sendiri menjabat sebagai presiden Indonesia pada tahun 1945 sampai dengan tahun 1967.
Ir. Soekarno meninggal dunia pada 21 Juni 1970. Soekarno meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Jasadnya kemudian dimakamkan di Blitar, Jawa Timur, berdekatan dengan makam ibundanya, Ida Ayu Nyoman Rai.
Dilansir melalui: Kumparan.com
Honda Capella

FANINDO