Sebanyak 197 Warga Binaan di Lapas Kelas II Tanjungbalai Karimun Dapat Remisi HUT RI ke-75

171
Doddy Naksabani Kepala Rumah Tahanan Negara (Karutan) Kelas II Tanjungbalai Karimun

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Warga Binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Tanjungbalai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau bakal mendapatkan remisi atau pengurangan masa tahanan. Remisi ini diberikan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 tahun 2020.

Kepala Rumah Tahanan Negara (Karutan) Kelas II Tanjungbalai Karimun Doddy Naksabani menyampaikan, saat ini terdapat 197 warga binaan yang menghuni Rutan Tanjungbalai Karimun, dan beberapa orang di antaranya akan mendapatkan remisi.

“Kami masih menunggu keputusan dari Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI, karena dari 197 warga binaan sudah mengajukan untuk diberikan remisi, dalam rangka HUT RI ke-75 ini,” terang Doddy, Selasa (4/8/2020).

Nantinya, ungkap Doddy remisi yang akan diberikan kepada para warga binaan, berkisar antara satu hingga lima bulan.

“Terdapat beberapa syarat administrasi untuk mendapat pengajuan remisi umum, yaitu diantaranya sudah menjalani masa tahanan minimal enam bulan, tidak melakukan pelanggaran dan memenuhi kriteria berkelakuan baik di dalam Rutan,” pungkasnya.

Meskipun demikian, kata Doddy paling banyak (mendominasi) kasus tindak pidana umum, kalau kasus narkoba tidak akan mendapatkan remisi.

“Remisi diberikan kepada warga binaan dengan kasus pidana umum, kalau terkait warga binaan dengan kasus narkoba yang mengacu pada UU nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, tidak akan mendapatkan remisi,” imbuhnya.(*)

Reporter : Aziz Maulana

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PKPONLINE PKP DREAMLAND