Danlanal Pimpin Upacara Pengukuhan Bintara Pembina Potensi Maritim Mako Lanal TBK

205

WARTAKEPRI.CO.ID, KARIMUN -Komandan Pangkalan TNI AL Tanjung Balai Karimun, Letkol Laut (P) Mandri Kartono, melantik Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar), ditandai dengan pemakaian badge saat upacara pelantikan di lapangan apel Mako Lanal Tanjung Balai Karimun, Rabu (12/8/2020).

Pada upacara pelantikan yang di pimpin langsung oleh Komandan Upacara (Danup) Pasprogar, Kapten Laut (E) Siswanto, di ikuti oleh seluruh Perwira Staf, Bintara dan Tamtama serta PNS Lanal Tanjungbalai Karimun berjalan dengan khidmat, mengukuhkan tiga Posal serta enam Posmat.

“Babinpotmar Mako Lanal TBK merupakan ujung tombak dalam rangka pembinaan potensi maritim sekaligus memiliki kemampuan komunikasi sosial yang baik, santun dan cerdas dalam pengumpulan data potensi maritim,” terang Danlanal Tanjungbalai Karimun Letkol Laut (P) Mandri Kartono.

Sehingga, kata Mandri akan mampu merangkul komponen masyarakat maritim untuk bersama-sama mengolah potensi maritim di wilayah pesisir, khususnya perairan Karimun yang dapat di jadikan sebagai kekuatan pertahanan negara dilaut.

“Dengan dilantiknya Babinpotmar Mako Lanal TBK, diharapkan mampu membantu desa-desa pesisir binaan Mako Lanal TBK dalam rangka mengembangkan potensi maritim, dengan memberikan pembinaan secara terus menerus dan berkelanjutan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir,” imbuhnya.

Sementara itu, Pjs. Perwira Staf Potensi Maritim (Paspotmar) Mako Lanal TBK, Lettu Laut (P) Hendriyono menjelaskan bahwa, salah satu tugas TNI AL menurut Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia adalah melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut (Dawilhanla).

“Dilaksanakan melalui kegiatan pengembangan dan pembinaan potensi maritim, upaya tercapainya pembinaan kemampuan dan kekuatan tugas Dawilhanla tersebut memerlukan pengaturan pembinaan organisasi potensi maritim (Potmar) baik di tingkat Armada, Lantamal maupun Lanal serta Pos Angkatan Laut sebagai salah satu metode dan tata cara pembinaan kekuatan TNI AL,” paparnya.

Lebih lanjut, menurut Hendriyono pembentukan Bintara pembina potensi maritim, baik penempatan di Posal maupun di posmat sendiri, memiliki peran dan tugas yang sangat penting, diantaranya melindungi dan mengamankan jalur laut untuk kepentingan dukungan bahan-bahan industri, perekonomian maupun perdagangan, serta dukungan logistik operasi militer.
“Hingga pengendalian laut dilakukan dengan penguatan ujung tombak Pangkalan TNI AL dalam hal ini Posal dan Posmat, yaitu berupa adanya jabatan-jabatan baru yakni jabatan Babinpotmar yang dapat mendukung kekuatan serta mengendalikan wilayah pertahanan laut, karena pertahanan dan keamanan di laut merupakan perwujudan dari strategi pengendalian dan penangkalan laut sebagai bidang tugas TNI AL,” jelas Hendriyono.

Reporter : Aziz Maulana

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PKPONLINE PKP DREAMLAND