Pilkada Bintan 2020 Tak Jadi Lawan Kotak Kosong, PAN Cerdik Alihkan Dukungan ke Wello-Dalmasri

Pilkada Bintan 2020 PAN Cerdik Alihkan Dukungan ke Wello-Dalmasri

WARTAKEPRI.co.id, BINTAN – Harapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bintan Alias Wello dan Dalmasri Syam maju di Pilkada Bintan kembali terbuka. Pasalnya, harapan satu satunya tambahan dukungan dari Partai Hanura pupus karena memberi dukungan ke calon petahana.

Diberitakan, PP Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) memberikan dukungan kepada pasangan calon bupati dan wakil bupati, Apri Sujadi dan Roby Kurniawan, untuk maju pada Pemilihan Bupati Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau.

Hanura memberikan dukungan kepada pasangan Apri-Robi melalui Surat Keputusan DPP Hanura nomor 165/B.3/DPP_HANURA/VIII/2020 tertanggal 27 Agustus 2020 yang ditandatangani langsung Ketua Umum Oesman Sapta dan Sekretaris Jenderal Gede Pasek Suardika. Dengan kondisi itu, Pilkada Bintan dibayangi akan melawan kotak kosong.

PKP EXPO

Namun, per 3 September 2020, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) mengalihkan dukungannya kepada Alias Wello-Dalmasri Syam.

Dalam surat Keputusan DPP PAN tertanggal 3 September 2020 tersebut, disebutkan, DPP PAN membatalkan pencalonan Apri Sujadi sebagai calon Bupati dan Roby Kurniawan sebagai calon Wakil Bupati Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, dari PAN.

DPP PAN juga mencabut surat keputusan DPP PAN tertanggal 24 Agustus 2020 terkait persetujuan pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Bintan. Dan selanjutnya dinyatakan tidak berlaku sejak tanggal surat keputusan DPP PAN yqng terbaru diterbitkan.

Masih dalam surat tersebut, DPP PAN juga mencabut pakta integritas DPP Partai PAN tanggal 24 Agustus 2020 dalam seleksi bakal calon pasangan bupati dan wakil bupati Kabupaten Bintan dan selanjutnya dinyatakan tidak berlaku terhitung sejak SK ini diterbitkan.

Surat keputusan pembatalan persetujuan kepada pasangan calon bupati Apri Sujadi dan calon wakil bupati Roby Kurniawan diteken Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Sekretaris DPP PAN Eddy Soeparno.

Dukungan DPP PAN terhadap paslon Alias Wello dan Dalmasri Syam tertuang dalam Surat keputusan berlabel Model B.1-KWK Parpol bernomor PAN/A/Kpts/KU-SJ/377/IX/2020 tertanggal 3 September 2020, yang di tandatangani oleh Ketua Umum Zulkifli Hasan dan Sekretaris Eddy Soeparno.

SK DPP PAN terkait persetujuan dan dukungan pencalonan kepada Alias Wello dan Dalmasri Syam disampaikan AWe (sapaan Alias Wello) – Dalmasri melalui Ady Indra Pawennari, Liaison Officer (LO) bacalon AWe – Dalmasri.

Sekadar diketahui, PAN memiliki 1 kursi di DPRD Bintan dan dengan masuknya dukungan itu, maka pasangan AWe – Dalmasri memiliki 5 kursi dukungan. Empat kursi lainnya dari Partai Nasdem.

Dengan demikian, pasangan ini mencukupi syarat untuk mengikuti Pilkada Bintan 2020. Sekaligus, memupus harapan adanya kotak kosong di Pilkada Bintan ini. (*/kb)

Editor : Dedy Suwadha

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24
PKP PROMO ENTENG