Balon Bupati Karimun Ing Iskandarsyah-Anwar Abubakar Menuju KPUD Menggunakan Becak

WartaKepri - Ing Iskandarsyah bersama wakilnya Anwar Abubakar

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Pasangan rival Petahana Ing Iskandarsyah bersama wakilnya Anwar Abubakar, yang akan maju sebagai bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Karimun, Provinsi Kepulauan Riau menyerahkan berkas pendaftaran kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Karimun, Jumat (4/9/2020) pukul 09.30 WIB.

Bakal calon (Balon) Bupati Karimun dengan slogan Bersinar, “Bersama Ing Iskandarsyah-Anwar Abubakar” tersebut, merupakan koalisi gabungan partai politik, ada PKS, PAN dan PPP.

Setibanya di Kantor KPUD Karimun, dengan membawa massa pendukung 50 orang, serta menerapkan protokol kesehatan Covid-19, bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati tersebut langsung memasuki ruang pendaftaran KPud Karimun, turut dihadiri oleh Ketua Bawaslu Karimun.

KPU KEPRI

Seusai menyerahkan seluruh berkas pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati, Ketua KPUD Karimun, Eko Purwandoko menjelaskan bahwa, seluruh persyaratan pencalonannya telah lengkap, karena pada pendaftarannya harus diselesaikan verifikasinya pada hari ini.

“Alahamdulillah sudah lengkap dan memenuhi syarat. Kalau terdapat salah satu persyaratan (item) yang tidak memenuhi kriteria, akan dikembalikan kepada Bacalon untuk segera di lengkapi data dan seluruh berkas-berkasnya,” terang Eko.

Sehingga, kata Eko untuk tahapan selanjutnya akan mengikuti tahapan syarat calon.

“Perlu di tegaskan, bahwa berbeda antara syarat pencalon dengan syarat calon,” ungkap Eko.

Diungkapkannya, kalau syarat pencalonan tersebut meliputi persetujuan partai politik, mewakili dua pasangan tersebut, sedangkan untuk syarat calon itu mengikat pada masing-masing peserta, diantaranya berupa perlengkapan
ijazah, SKCK dan sebagainya.

“Sehingga terdapat tiga dokumen yang harus di dilengkapi oleh calon Bupati dan Wakil Bupati Karimun,” imbuhnya.

Sementara itu, pada kesempatan yanga sama, calon Bupati Karimun Ing menyatakan berkas pencalonan pasangan Ing Iskandarsyah – Anwar Abubakar dinyatakan telah lengkap dan sah.

“Sudah ditandatangani oleh KPU, serta sudah dilengkapi seluruh berita acara oleh komisioner dan disaksikan oleh Bawaslu, Alhamdulillah sudah lengkap dan sah untuk mengikuti proses selanjutnya,” kata Ing.

Menuju ke kantor KPUD dengan menggunaakn becak, menurut Ing hal tersebut melambangkan keinginan bersama masyarakat, dan kalau kekuatan didalam Pilkada itu, Pemilu itu adalah bersama rakyat.

“Termasuk kami melakukan deklarasi di Tugu MTQ Coatal Area kami ingin menyampaikan bahwa, Tugu itu melambangkan prestasi-prestasi, dan InshaAllah saya bersama dengan Anwar Abubakar bersama dengan partai-partai pendukung, dapat menoreh prestasi,” ungkapnya.

Disinggung terkait pengunduran dirinya, untuk tidak aktif sebagai ketua DPRD, Ing menyatakan akan siap mundur pada tanggl 23 September 2020. Berdasarkan seluruh persayaratan di Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) RI, nomor 20 tahun 2018, selambat-lambatnya tanggal 8 November 2020 sudah ada surat dari Menteri Dalam Negeri.

“Yang menyatakan bahwa saya akan mundur dari angota DPRD, dimana untuk surat pengunduran diri sudah di ajukan, karena seluruh persyaratan bakal calon Bupati, yaitu bersedia untuk mundur dari keanggotaan DPRD,” paparnya.

Selain itu kata Ing, pihaknya sedang mencoba dan berkomunikasi untuk berkoalisi dengan partai-partai lainnya, seperti Partai Berkarya, serta Ormas lainnya.

“Koalisi partai politik yang ada di DPRD, yaitu PAN dan PKS serta PPP, dan tentunya mengikuti seluruh peraturan-peraturan yang ada di KPU, sehingga langkah kedepan harus bertanding dan memenangkan Pilkada ini,” harapannya.

Reporter : Aziz Maulana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP EXPO