Cara Kerja Pinjaman Online yang Wajib Anda Diketahui

214
Cara Kerja Pinjaman Online yang Wajib Diketahui

Teknologi yang semakin berkembang dan semakin canggih membuat banyak hal menjadi lebih mudah dalam kehidupan kita sehari-hari. Salah satunya adalah dalam hal Pinjaman Online atau fintech pinjaman dengan sistem online. Biasanya tempat pinjaman tersebut memiliki aturan KTA, yang dimana si peminjam tidak perlu memberikan jaminan apapun pada pihak debitur. Dengan tidak adanya jaminan tersebut, menjadikan proses KTA mudah dan cepat.

Meski sangat menggiurkan, perlu selalu diingat juga bahwa dalam memilih tempat pinjaman yang tepat dan aman harus dipilih dengan cermat. Anda bisa mengecek apakah tempat pinjaman tersebut sudah terdaftar di OJK. Jika sudah terdaftar artinya pinjaman dengan sistem online itu sudah resmi secara hukum. Bagaimana cara kerja dari fintech online tersebut? Tentu hal itu menjadi pertanyaan banyak orang. Berikut ini cara kerja dari sebuah pinjaman dengan sistem online secara umum :

1. Pinjaman Bunganya Rendah
Bagi fintech yang telah terdaftar di OJK tentu memiliki keunggulan tersendiri dibanding fintech ilegal. Misalnya yaitu memiliki suku bunga pinjaman yang rendah. Karena sistem kerjanya jelas. Bunga yang ditawarkan tidak akan lebih dari 1% setiap harinya. Jika Anda mendapat tempat pinjaman secara online yang suku bunganya lebih dari 1%, artinya perusahaan tersebut ilegal.

2. Tidak Dipungut Biaya Apapun Sebelum Dana Cair
Berbeda dengan jenis pinjaman secara online yang memberlakukan ada pembayaran sejumlah dana, yang harus dibayar sebelum dana cair. Fintech yang legal tidak memiliki aturan harus membayar sejumlah biaya sebelum dana cair. Maka hampir bisa dipastikan, jika sebelum pengajuan pinjaman dilakukan tetapi harus membayar sejumlah uang maka aplikasi pinjaman itu tidak legal.

3. Tidak Memaksa Calon Peminjam
Aplikasi pinjaman secara online yang telah terdaftar di OJK juga tidak akan memaksa calon peminjam dalam peminjaman uang. Apabila seorang calon peminjam dipaksa untuk meminjam uang di tempat tersebut, maka mereka disebut dengan rentenir online. Jika Anda merasa dipaksa oleh sebuah aplikasi pinjaman maka cari tempat lain yang lebih aman. Walaupun Anda sedang membutuhkan dana tersebut dalam waktu cepat, tetapi pemaksaan akan membuat calon peminjam menjadi tidak nyaman.

4. Persyaratannya Mudah
Cara kerja sistem peminjaman online yang telah terdaftar di OJK juga memiliki persyaratan yang mudah dan tidak ribet. Persyaratannya biasanya hanya berupa KTP, usia antara 21 hingga 55 tahun, mempunyai pekerjaan tetap, jumlah penghasilan per bulan minimal 2 juta rupiah, mempunyai NPWP, dan mempunyai rekening Bank.

Selama persyaratan yang harus dipenuhi masih terbilang mudah, maka aplikasi pinjaman sistem online tersebut memang resmi dan legal. Namun jika persyaratannya tidak masuk akal, Anda harus berhati-hati.

5. Proses Pencairan Sesuai Aturan
Pihak dari pinjaman secara online biasanya membutuhkan waktu dalam mengecek dokumen persyaratan, dan harus melakukan survei. Sehingga pencairannya juga butuh waktu. Dalam waktu 1 hingga 3 hari kemudian, barulah dana bisa dicairkan dan dikirim ke rekening peminjam.

Dengan beberapa cara kerja peminjaman di atas maka Anda harus memilih aplikasi pinjaman secara online dengan lebih cermat. Aplikasi pinjaman secara online dengan sistem KTA mudah dan cepat hanya di Tunaiku. Persyaratannya yang mudah ditambah dan tidak adanya jaminan, membuat Tunaiku banyak dipilih oleh masyarakat.

Fitur yang ada di dalam aplikasi ini juga cukup lengkap dan tenor peminjamannya pun cukup lama. Selain itu, aplikasi Tunaiku juga sudah terdaftar di OJK, sehingga sangat aman.Dengan berbagai fitur dan keunggulan yang ditawarkan, tidak heran jika Tunaiku sangat direkomendasikan untuk dipakai.(*)

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PKPONLINE PKP DREAMLAND