Bawaslu Karimun Rekrut Sebanyak 554 Orang Sebagai PTPS

108
WARTAKEPRI - Bawaslu Karimun Akan Rekrut Ratusan Untuk PTSP

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Ratusan orang bakalan di rekrut oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau.

Melalui Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Karimun, akan merekrut sebanyak 554 orang yang tersebar pada 12 Kecamatan di wilayah Kabupaten Karimun.

Dalam rangka Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun 2020, Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Karimun berdasarkan Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017.

Sebagaimana diubah terakhir dengan Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2019, bahwa Bawaslu membuka kesempatan bagi warga negara Indonesia yang memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri sebagai calon Pengawas TPS (PTPS).

Pembukaan pendaftaran Penerimaan Pendaftaran Pengawas PTPS (PTPS) sendiri akan berlangsung mulai tanggal 3 hingga 15 Oktober 2020, di Kantor Sekretariat Panwaslu Kecamatan di setiap wilayah Kabupaten Karimun.

“Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), akan dibubarkan paling lambat tujuh hari setelah hari pemungutan dan penghitungan suara di TPS pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang,” terang Kepala Divisi SDM Bawaslu Kabupaten Karimun Muhammad Fadli, Rabu (30/9/2020).

Menurutnya, tahun 2020 ini merupakan kali pertama diadakannya Pilkada Serentak. Oleh sebab itu, dibutuhkan anggota TPS yang berintegritas dan menjunjung tinggi kode etik pengawas dalam melaksanakan tugas, wewenang dan kewajibannya sesuai dengan ketentuan Undang-Undang.

“PTPS merupakan ujung tombak pengawasan. Menjadi keharusan setiap PTPS memahami tugasnya masing-maring, sehingga nantinya PTPS jangan mudah diintervensi oleh pihak manapun,” tegas Fadli.

Nantinya menurut Fadli, setelah pengawas TPS terbentuk, akan dilakukan Bimtek pengawasan supaya anggota PTPS memahami teknis pengawasan saat hari Pemungutan dan penghitungan suara di TPS pada tanggal 9 Desember 2020.

“Bawaslu sendiri sangat berharap kepada masyarakat yang merasa bersyarat sebagai Pengawas TPS agar berkontribusi dalam pengawasan dengan mendaftarkan diri sebagai Pengawas TPS,” ungkapnya.

Reporter : Aziz Maulana

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO DPRD ANAMBAS DPRD KARIMUN