Ormas dan OKP yang Berada di Garda Terdepan Bersama Bawaslu Karimun Didalam Pengawasan Pilkada

418
Harris Day Batam

WARTAKEPRI.co.id, Karimun – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karimun merangkul seluruh elemen masyarakat, untuk turut berpartisipasi dalam pengawasan Pilkada tahun 2020.

Tidak terkecuali organisasi masyarakat (Ormas) dan Organisasi Kepemudaan. Sehingga seyogyanya menjadi garda terdepan ikut andil melakukan pengawasan dalam mencegah terjadinya pelanggaran selama berlangsungnya Pilkada.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karimun sendiri telah melaksanakan sosialisasi dengan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan Organisasi Kepemudaan (OKP), yang digelar di hotel Alishan, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Kamis (8/10/2020).

Pada pelaksanaan sosialisasi tersebut digelar dengan tujuan, mengajak seluruh Ormas dan OKP untuk turut andil dalam melaksanakan pengawasan partisipatif pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Karimun tahun 2020.

“Salah satu upaya yang dicapai adalah mencegah berbagai pelanggaran yang mungkin saja terjadi pada tahapan-tahapan penyelenggaraan dan pelaksanaan Pilkada,” terang Ketua Bawaslu Kabupaten Karimun, Nurhidayat.

Polling Jelang 9 Desember 2020 Pilkada Kepri

Hal ini menurutnya, bagian dari mengoptimalkan pencegahan sekaligus sebagai upaya meningkatkan partisipatif masyarakat, dalam ikut serta mengawasi tahapan penyelenggaraan Pilkada tahun 2020 ini.

“Dimana peran serta Ormas beserta OKP, menjadi inisiator untuk mendorong dan ikut bersama-sama dengan Bawaslu menjaga hak pilih, sekaligus memberikan pendidikan politik (Mengedukasi), kepada lapisan masyarakat,” paparnya.

Nurhidayat menjelaskan, ketika masyarkat menemukan atau menjumpai hal-hal yang berkaitan dengan dugaan pelanggaran-pelanggaran pada Pilkada, harus ikut mencegah sekaligus melaporkan kepada jajaran pengawas (Bawaslu).

“Bawaslu Karimun berharap partisipasi semua pihak dalam pengawasan penyelenggaraan tahapan Pilkada mampu difokuskan, sehingga capaian guna mewujudkan demokrasi berkualitas berjalan dengan baik, yang di paparkan sejumlah Ormas dan OKP, pada rapat koordinasi pengawasan partisipatif,” ungkapnya.

Pada tahapan sosialisasi tersebut, juga dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman, guna ikut serta mensukseskan pelaksanaan Pilkada tahun 2020 yang dilaksanakan secara serentak, sehingga situasi yang aman dan kondusif dapat tecapai.

Tidak hanya itu, Ormas dan OKP yang berada di garda terdepan bersama Bawaslu, mampu mencegah dan menjadi pelapor ketika terdapat pelanggaran-pelanggaran terkait politik uang serta pelanggaran lainnya.

Reporter : Aziz Maulana

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO DPRD ANAMBAS DPRD KARIMUN