Rencananya Tahun 2021, Pemerintah Buka Pendaftaran Untuk 1 Juta Lebih Tenaga PPPK

Foto Ilustrasi
PKP Online

WARTAKEPRI.co.id, JAKARTA – Pemerintah berencana akan menambah jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di sejumlah instansi pemerintahan. Penambahan itu akan dilakukan pada 2021 mendatang melalui open rekrutmen ASN.

Dikutip dari Sindonews.com Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengatakan, pihaknya akan menambahkan 1 juta Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk guru, 260.000 tenaga medis yang terdiri dari dokter, perawat dan bidan, dan 100-an tenaga penyuluhan.

Penambahan jumlah guru, tenaga kesehatan dan penyuluhan menjadi pertimbangan karena karena Sumber Daya Manusia (SDM) di tiga instansi itu dinilai pemerintah masih kurang.

“Kita ada 4,2 juta (ASN), tahun depan kita akan tambah lagi, 1 juta pegawai PPPK untuk guru, karena kita masih kurang guru, 260.000 mulai dokter, perawat dan bidan, masih ada 100-an masih berkaitan dengan tenaga-tenaga penyuluhan. Mudah mudahan lewat perencanaan rekrutmen,” ujar Tjahjo, Senin (28/12/2020).

Sebelumnya, dipublikasi Sindonews pada 22 Desember 2020, Pemerintah membuka peluang untuk melakukan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun anggaran 2021 mendatang. Langkah tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pegawai pada tahun depan.

Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Aris Windiyanto mengatakan meskipun belum diketahui kapan, namun proses seleksi CPNS kemungkinan besar akan kembali dibuka. Peluang tersebut terbuka lebar mengingat tahun ini tidak ada pembukaan seleksi CPNS akibat pandemi.

Sementara untuk seleksi CPNS pada tahun anggaran 2019 juga berjalan molor. Di mana pada akhir tahun 2020, pemerintah baru akan merampungkan selurus proses rekrutmen setelah sempat tertunda akibat adanya pandemi Covid-19. “Peluangnnya ada karena untuk tahun 2020 tidak ada penerimaan ASN,” ujarnya dalam keterangannya, Selasa (22/12/2020).

Menurut Aris, penerimaan CPNS bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pegawai di institusi pemerintahan baik pusat maupun daerah. Sehingga instansi yang bersangkutan bisa memenuhi dan melaksanakan tugas dan fungsinya.

“Penerimaan CPNS tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan satu lembaga dalam melaksanakan tugas dan fungsinya,” jelasnya(*)

Sumber : Sindonews

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel