Mantan Kapolsek Astana Anyar Kompol Yuni Lulusan Sekolah Perwira, Setelah Dimutasi 2 Sanksi Menunggu

Kompol Yuni
Kompol Yuni. Foto RRI

WARTAKEPRI.co.id, BANDUNG – Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Erdi Chaniago mengatakan, mantan Kapolsek Astana Anyar Kompol YP, Polrestabes Bandung bukan lulusan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS). Kompol YP lulusan Secapa.

“Bukan lulusan SIPSS, tapi lulusan Secapa,” kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Erdi Chaniago, dikutip dari Republika.co.id, Kamis (18/2/2021).

Sebagaimana diketahui, Kompol Yuni Purwanti, oknum polisi wanita (polwan) yang diduga terkait kasus penyalahgunaan narkoba jenis sabu, dicopot dari jabatannnya sebagai Kapolsek Astana Anyar.

Kompol Yuni Purwanti dimutasi sebagai perwira menengah (Pamen) Yanma Polda Jabar dalam rangka proses penyidikan kasus penyalahgunaan narkoba. Posisi Kapolsek Astana Anyar yang baru dijabat Kompol Fajar Hari Kuncoro.

Sementara itu, Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Ahmad Dofiri menyebut, Kapolsek Astanaanyar Kompol YP terancam dipidanakan dan dipecat dari Korps Bhayangkara itu.

“Iya jelas, jadi ada dua pilihannya tadi, dipecat atau dipidanakan. Jadi sangat jelas sekali tindakan kita terhadap anggota kita yang melakukan pelanggaran. Ya bisa dua-duanya, tergantung kesalahannya nanti, kita lihat ya,” kata Ahmad Dofiri di Polrestabes Bandung, Kota Bandung, Kamis (18/2/2021).

Menurutnya, hal tersebut diterapkan sebagai wujud keseriusannya dalam menindak siapapun anggotanya yang melakukan pelanggaran, termasuk polisi wanita berpangkat perwira menengah tersebut.

BACA JUGA Beginilah Kalau Polisi Sudah Kecanduan Narkoba

Kini, kata dia, Kompol YP pun telah dicopot dari jabatannya sebagai Kapolsek Astanaanyar. Polrestabes Bandung pun tengah menyiapkan perwira lainnya untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut.

Selain itu, belasan anggota Polsek Astanaanyar yang diduga terlibat narkoba itu pun terancam mendapat sanksi yang serupa dengan Kompol YP. Kini 12 anggota yang diciduk itu masih diamankan Propam Polda Jawa Barat.

Karir Kompol Yuni

Sementara itu, dilansir Detik.com, Rabu (17/2/2021) Kapolsek Astanaanyar Kompol Yuni Purwanti Kusuma Dewi dan 11 anggotanya diamankan Propam berkaitan dengan narkoba. Kompol Yuni sempat berkiprah dalam posisi penting di lingkungan Polda Jabar.

Sebelum ke Bandung, Yuni menjabat sebagai Kasat Narkoba Polres Bogor. Yuni juga sempat bertugas di Direktorat Reserse Narkoba Polda Jabar.

Untuk jabatan kapolsek, Yuni sudah tiga kali menggenggam tongkat kepemimpinan lingkup Polsek di Bandung. Polsek yang pernah dipimpin Yuni di antaranya Polsek Bojongloa Kidul, Polsek Sukasari dan terakhir Polsek Astanaanyar.

Di posisinya yang terakhir ini, Kompol Yuni diamankan personel propam gabungan Mabes Polri dan Polda Jabar. Dia diduga terlibat penyalahgunaan narkotika. Selain Yuni, ada 11 anggotanya yang ikut terseret.(*)

Sumber : Republika/Detik.com

DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMKO BATAM FANINDO Combo Sakti Telkomsel