Kronologi Penyebab Satu Unit Mobil Pemadam Kebakaran Pemko Tanjungpinang Hangus Terbakar

Terbakar
Terjebak Dilokasi Kebakaran, Satu Unit Mobil Damkar Pemko Tanjungpinang Hangus Terbakar

WARTAKEPRI.co.id, TANJUNGPINANG – Satu unit mobil pemadam kebakaran hangus terbakar setelah terjebak dalam kebakaran lahan di Kawasan Hutan Lindung, Kecamatan Bukit Bestari, Senin (22/2/2021) sore.

Mobil berkapasitas 5.000 liter itu tak bisa diselamatkan lantaran dalam keadaan rusak.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Tanjungpinang Hantoni menceritakan kronologis kejadian. Mobil Damkar terjebak karena situasi kebakaran saat itu luar biasa.

Lanjutnya, “Bahwa peristiwa itu bermula pada saat titik api yang melahap hutan terus meluas usai ditiup angin kencang. Saat itu, kondisi mobil Damkar tersebut terparkir dan tidak bisa digunakan karena rusak pada pengoperasian transmisi.

“Area ini membuat mobil kami kesulitan dan terjebak di tengah-tengah. jelasnya

Kita dikepung api, ditambah suplai air juga kurang. Posisi mobil itu parkir tak bisa masuk gigi (transmisi). Keluar tak bisa, maju juga tidak bisa,” ungkapnya.

Ia menegaskan, saat ini peristiwa kebakaran Hutan Lindung itu berhasil dipadamkan oleh petugas gabungan dari TNI-Polri, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) hingga masyarakat setempat. Dalam peristiwa tersebut, dipastikan tidak ada korban jiwa.

“Tadi kami bersama Pak Kapolres, Pak Dandim sudah melihat, keliling, mudah-mudahan tidak ada titik api lagi lah,” ujarnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat setempat untuk turut serta membantu pemerintah dalam menjaga kelestarian alam di Kota Tanjungpinang.

Sebab, menjaga alam bukan hanya dibebankan pada pihaknya, namun seluruh elemen masyarakat.

“Menjaga lingkungan ini adalah tanggung jawab kita bersama. tegasnya.(*)

Pengirim: Agus Ginting

DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMKO BATAM FANINDO Combo Sakti Telkomsel