Prosesi Pemakaman Pangeran Philip, Pakai Land Rover Modifikasi dan Tamu

Pangeran Philip Meninggal
PKP Online

WARTAKEPRI.co.id – Kerajaan Inggris memulai prosesi pemakaman Pangeran Philip ke tempat peristirahatan terakhir, Sabtu (17/4/2021).

Jenazah dihantar dengan mobil jenazah Land Rover yang dimodifikasi khusus. Mobil lantas diikuti oleh iring-iringan bangsawan senior termasuk Pangeran Charles dan Pangeran William dan Harry.

Ratu Elizabeth turut mengikuti jalannya prosesi di Negara Bagian Bentley ketika peti jenazah dibawa ke upacara pemakaman Philip di Kapel St George.

Charles dan Putri Anne mengikuti peti jenazah Defender TD 130 berwarna hijau militer itu dengan berjalan kaki. Berturut-turut saudara mereka Edward dan Andrew, dan kedua putra Charles, William dan Harry ikut mengiringi di belakang.

Prosesi ini mengingatkan momen pemakaman Diana tahun 1997. Saat itu, kedua putra Diana ini juga berjalan penuh duka di belakang peti mati Sang Ibu.

Topi dan pedang angkatan laut Philip tergeletak di atas peti mati yang ditutupi dengan pakaian kebesaran Duke of Edinburgh yang menampilkan lambang Denmark, salib Yunani, Kastil Edinburgh dan garis-garis keluarga Mountbatten.

Tim Pengawal Genadier memimpin prosesi tersebut, diikuti oleh para panglima militer. Peti mati akan berhenti sejenak untuk menit-menit hening nasional pada 14:00 GMT (21:00 WIB) diiringi tembakan pistol dari East Lawn yang menandai awal dan akhir.

BACA JUGA Tanggapan Kate Middleton Terhadap Kabar Perselingkuhan Pangeran William dan Rose Handbury

Ratu Inggris Elizabeth II dan Duke of Edinburgh Pangeran Philip. Ben STANSALL / AFP

Daftar Bangsawan Inggris Hadir di Pemakaman Pangeran Philip

Ratu Elizabeth II akan mengucapkan selamat tinggal terakhir kepada suaminya, Pangeran Philip, pada upacara pemakaman pada Sabtu (17/4/2021) siang waktu setempat.

Seharusnya, ada lebih dari 800 orang yang akan menghadiri pemakaman Pangeran Philip. Namun, aturan pembatasan terkait COVID-19 juga berlaku bagi keluarga kerajaan Inggris dan hanya memperbolehkan 30 orang untuk hadir.

Petugas pemakaman dan pengusung jenazah tidak masuk dalam hitungan. Namun Ratu Elizabeth telah memegang daftar 30 tamu yang akan hadir di Kapel St George’s itu. Pangeran Philip meninggal dunia di usianya yang ke-99 tahun 9 April lalu di Puri Windsor, 73 tahun setelah menikah dengan Ratu Elizabeth II.

Keluarga inti Pangeran Philip di daftar teratas. Ini berarti Ratu Elizabeth adalah tamu nomor satu dan yang paling utama. Tamu selanjutnya adalah anak-anak Philip dan pasangan mereka.

Mereka adalah Pangeran Charles dan Camilla, Putri Anne dan suaminya Timothy Laurence, Pangeran Edward dan istrinya, Sophie, serta Pangeran Andrew.

Cucu Pangeran Philip dan pasangan mereka juga telah diundang. Mereka di antaranya adalah Pangeran William bersama istrinya Catherine, juga Pangeran Harry.

Tamu selanjutnya yang juga akan hadir adalah Beatrice dan Eugenie, anak Pangeran Andrew dan suami mereka, yaitu Edoardo Mapelli Mozzi dan Jack Brooksbank. Anak Putri Anne, Peter Phillips dan Zara Tindall dan suaminya, Mike juga akan datang.

Anak Pangeran Edward, Lady Louise Windsor dan James, mengakhiri daftar cucu yang akan hadir.

Keluarga Pangeran Philip sendiri sudah memenuhi dua pertiga daftar tamu. Jatah tamu terakhir adalah untuk sepupu dan keluarga kerajaan Jerman

Kesepuluh tamu terakhir yang akan menghadiri pemakaman Pangeran Philip adalah saudara sedarah keluarga Windsor dan Mountbatten. Mereka adalah keponakan Ratu, David Armstrong-Jones dan Lady Sarah Chatto, anak dari Putri Margaret. Suami Lady Chatto, Daniel Chatto juga akan hadir.

Sepupu Ratu yang akan hadir antara lain Adipati Gloucester, Putri Alexandra (yang juga adalah sepupu Pangeran Philip); dan Adipati Kent (juga adalah sepupu pertama Pangeran Philip).

Keponakan cucu Pangeran Philip, Benhard, Pangeran Herediter Baden, Pangeran Donatus, serta Pangeran Philipp dari Hohenlohe-Langenburg adalah yang akan mewakili kontinen Mountbatten Jerman.

Cucu dari paman Pangeran Philip, Louis Mountbatten, yaitu Bangsawan Perempuan Burma, menempati tempat terakhir di daftar tamu pemakaman Pangeran Philip.(*)

Editor : Kompas/Republika

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel