Mualaf Warga Pulau Kojong Selat Kongki Kini Dapat Menikmati Fasilitas Air Bersih

270
Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Kepulauan Riau (Kepri), sebagai pelayan umat menyalurkan bantuan berupa sumur bor kepada masyarakat Desa Pena'ah kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau. (Foto : Istimewa)

WARTAKEPRI.co.id, LINGGA – Harapan dan mimpi warga muslim muallaf Pulau Kojong dan Selat Kongki akhirnya terwujud.

Pasalnya, mimpi yang sejatinya diharapkan sangatlah sederhana, yakni mendapatkan fasilitas air bersih. Sebab selama puluhan tahun warga di kedua pulau tersebut hanya mengandalkan air tadah hujan dan air laut (asin) untuk kebutuhan sehari-hari.

Setelah menempuh perjalanan yang melelahkan selama tujuh jam menembus cuaca ekstrem, angin kencang dan gelombag tinggi, akhirnya Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Kepulauan Riau (Kepri) dapat berlabuh di pelabuhan Kojong.

Pulau yang dihuni oleh para mualaf suku laut asli Kabupaten Lingga. Dimana empat titik telah menanti seremoni serah terima sumur bor dari BMH mewakili donatur dan dermawan kepada warga Pulau Kojong dan Selat Kongki yang sudah tidak sabar untuk segera menikmati air bersih.

PKP HIMALAYA

“Insha Allah tidak ada lagi cerita warga sakit perut karena mengkonsumsi air hujan maupun air payau, kini mereka juga sudah dapat membasuh anggota tubuh saat berwudhu dengan menggunakan air tawar,” terang Ketua Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Kepulauan Riau (Kepri), Abdul Aziz, Selasa (26/4/2021).

Masyarakat suku laut menurut Aziz memiliki peran khusus dalam sejarah, karena berada pada daerah yang meliputi wilayah gugusan pulau dengan perairan yang sangat strategis, tepat di bibir Selat Melaka.

“Suku laut di Kepulauan ini terasimilasi dengan jati diri orang Melayu melalui Islam. Mata pencaharian mereka memanfaatkan kekayaan laut seperti ikan, teripang dan udang,” paparnya.

Aziz juga menambahkan, atas nama Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Kepulauan Riau (Kepri), menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para donatur dan dermawan yang terketuk hatinya.

“Untuk membantu mewujudkan mimpi warga muslim muallaf suku laut di Pulau Kojong dan Selat Kongki, semoga Allah SWT membalas kebaikan para donatur dan dermawan dengan ganjaran amal jariyah dan rezeki yang berlipat ganda,” tandasnya.

Sementara itu Ketua RW setempat, Yusuf menyampaikan ucapan terimakasih kepada Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Kepulauan Riau (Kepri), beserta para donatur dan juga dermawan.

“Dimana telah membangun sumur bor di daerah kami, sehingga kami tidak lagi kesulitan air bersih, karena masyarakat disini sangat membutuhkannya,” kata Yusuf.

Diketahui, Pulau Kojong dan Selat Kongki dihuni sekitar 45 Kepala Keluarga (KK). Dimana kedua pulau tersebut terletak di Desa Pena’ah kecamatan Senayang, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau.

Meski jarak tempuh yang cukup jauh dari Kabupaten Lingga, harus melanjutkan lagi perjalanan sekitar tiga jam untuk sampai ke Pulau tersebut. Namun tidak menyurutkan semangat BMH menebarkan kebaikan tanpa batas sebagai komitmen pelayanan umat.

Humas Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Kepulauan Riau (Kepri).

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel