Bill Gates Umumkan Cerai dengan Melinda, Harta Gono Gini Tembus Rp 1.885 Triliun

Bill Gates an Melinda Gates
Bill Gates an Melinda Gates. Foto CnnIndonesia
PKP Online

WARTAKEPRI.co.id – Bill Gates kembali menyita perhatian dunia usai mengumumkan perceraiannya dengan Melinda Ann French atau Melinda Gates. Melalui cuitan akun Twitter, Bill mengungkapkan keputusan tersebut diambil setelah melalui berbagai pemikiran dan usaha dalam melanjutkan rumah tangganya.

Meski pernikahan mereka berakhir, keduanya tetap berkomitmen pada organisasi filantropi yang telah mereka bentuk pada 2000 yakni Bill and Melinda Gates Foundation.

“Kami terus berbagi keyakinan dalam misi itu dan akan melanjutkan pekerjaan kami bersama di yayasan, tetapi kami tidak lagi yakin kami dapat tumbuh bersama sebagai pasangan dalam fase selanjutnya dalam hidup kami,” ucap Bill Gates.

Seperti diketahui, Bill dan Melinda merupakan ketua bersama sekaligus pengawas dari lembaga nirlaba yang saat ini memiliki aset lebih dari US$51 miliar tersebut. Sebagian dari harta kekayaan mereka rutin disumbangkan ke lembaga filantropi swasta terbesar di dunia tersebut.

Menurut Forbes, Bill saat ini menempati urutan orang terkaya ke-4 dunia dan memiliki aset sebesar US$130 miliar atau sekitar Rp1.885 triliun (asumsi kurs Rp14.500 per dolar AS). Gates sendiri telah beberapa kali menempati posisi teratas orang terkaya di dunia sejak 1995 atau setahun setelah menikah dengan Melinda.

BACA JUGA Sosok Dermawan dari Surabaya Dato Sri Tahir Menerima Penghargaan Warga Kehormatan Brimob

Kekayaan bersih Bill Gates berasal dari Microsoft tetapi sahamnya di produsen perangkat lunak itu sekarang mungkin kurang dari 20 persen dari asetnya. Sampai saat ini, ia juga tercatat mendonasikan saham Microsoft senilai US$35,8 miliar kepada Gates Foundation.

Sumber harta Bill lainnya adalah Cascade Investments. Perusahaan investasi yang dia buat dengan hasil penjualan saham Microsoft itu dijalankan oleh Michael Larson.

Melalui Cascade, Gates memiliki 47 persen saham di jaringan hotel Four Seasons dan memiliki saham di kelompok Berkshire Hathaway, yang dimiliki oleh Warren Buffett.

Selain itu ada pula saham di beberapa perusahaan real estate dan energi serta saham di lusinan perusahaan publik, termasuk Perkeretaapian Nasional Kanada dan pembuat traktor, Deere & Co.

Gates juga mendirikan perusahaan modal ventura, Gates Ventures. Pada 2017, istrinya Melinda juga memiliki organisasi baru bernama Pivotal Ventures yang dibangun untuk menampung ide-idenya yang tidak sesuai dengan struktur di Gates Foundation.

Hingga saat ini belum jelas bagaimana pasangan itu akan membagi aset mereka atau apakah mereka menandatangani perjanjian pranikah. Namun, mengingat besarnya kekayaan mereka, perpecahan itu kemungkinan akan menjadi salah satu penyelesaian perceraian terbesar dalam sejarah.

Sumber : CNN Indonesia

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel