Polisi Tetapkan Tiga Orang Tersangka Kebakaran Hutan Lindung Bukit Suligi Riau

259
Hutan Lindung Bukit SUligi Riau

ROHUL – Polisi menetapkan 3 orang tersangka dalam kasus kebakaran hutan dan lahan di hutan lindung Bukit Suligi, tepatnya di Desa Kumain, Kecamatan Tandun, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau. Ketiganya sempat diperiksa intensif sebagai saksi usai diamankan saat kebakaran terjadi.

“Iya benar. Ketiganya sudah ditingkatkan statusnya jadi tersangka. Mereka inisial KA (45), SR (45), dan ED (46),” ujar Kapolres Rohul AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat Jumat (23/7/2021).

Menurut Taufiq, ketiga pelaku ditetapkan sebagai tersangka karena menebang dan membakar hutan lindung. Dari keterangan mereka, polisi melakukan pengembangan terhadap pelaku perusak hutan lainnya.

“Kami masih melakukan pengembangan lagi. Penyidik reskrim akan kembali melakukan olah TKP (tempat kejadian perkara),” jelasnya.

Taufiq menyebutkan, dari hasil pemeriksaan awal, lokasi kebakaran itu memang statusnya masuk kawasan hutan lindung. Polisi juga menyita barang bukti yang diamankan masih berupa potongan kayu bekas terbakar.

BACA JUGA: Pemprov Riau Tambahkan Jumlah Tempat Tidur Dilokasi Isolasi Mandiri Milik Pemerintah Daerah

Taufiq belum mau berspekulasi apakah pelaku merambah dan membakar hutan untuk ditanami sawit. Sebab, polisi masih harus mendapat sejumlah barang bukti lainnya.

Sebelumnya diberitakan, kebakaran terjadi di Kawasan Hutan Lindung Bukit Suligi di Dusun Kumain, Desa Kumain, Kecamatan Tandun, Kabupaten Rokan Hulu Riau. Sejimlah petugas gabungan TNI-Polri dan BPBD masih berjibaku melakukan pemadaman.

Satgas Karhutla Riau Lakukan Pendinginan

Tim Satuan Tugas (Satgas) Kebakaran Hutan dan Lahan Riau telah berhasil padamkan kebakaran di Hutan Lindung Bukit Suligi, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau.

Sedikitnya 61 kali Water Bombing (WB) untuk memadamkan api yang menghanguskan lebih kurang 100 hektare hutang yang dilindungi itu.

“Kebakaran di hutan lindung Bukit Suligi sudah padam kemarin sore, setelah dilakukan WB sebanyak 61 kali,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal, Jumat (23/7/2021).

Lebih lanjut Edy Afrizal menyampaikan, saat ini tim Satgas Karhutla darat tengah melakukan pendinginan di lokasi kebakaran Bukit Suligi.

“Kebakaran hutan lindung Bukit Suligi sekarang tinggal pendinginan. Saya sudah minta tim satgas darat tolong dituntaskan, sampai betul-betul tidak ada asap sisa kebakaran,” tandanya. (MCR)

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel