Cek RS dan Oksigen, Bupati Karimun Khawatir Kasus Covid di Kundur Terus Meningkat

345
Cek RS dan Oksigen, Bupati Karimun Khawatir Kasus Covid di Kundur Terus Meningkat
Cek RS dan Oksigen, Bupati Karimun Khawatir Kasus Covid di Kundur Terus Meningkat

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq, S.Sos, M.Si. meninjau RSUD Tanjung Batu dan Persediaan Tabung Oksigen di Kecamatan Kundur, Sabtu (24/07/2021).

Sebagai upaya untuk mengantisipasi kasus lonjakan pasien positif Covid-19, Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun menyiapkan tambahan ruang isolasi di beberapa Rumah Sakit. Termasuk di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tanjung Batu di Pulau Kundur. Sebelumnya Bupati Karimun telah meninjau RSUD M. SANI dan RSBT pagi tadi.

Saat peninjauan tersebut, Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq, S.Sos, M.Si., didampingi Kadis Kesehatan, Plt. Kadis Pendidikan, Kadis Prindag, dan Camat Kundur.

Hal ini menyusul lonjakan kasus Covid 19 di Kabupaten Karimun khusunya di Pulau Kundur mengalami peningkatan yang signifikan menyebabkan tempat isolasi hampir penuh.

Sebelumnya Bupati Karimun menyempatkan untuk bagi – bagi masker kepada masyarakat yang kebetulan berada di pelabuhan Teluk Radang tempat berlabuhnya kapal yang membawa rombongan Bupati Karimun.

Bupati Karimun menjelaskan, setelah kita lakukan koordinasi dengan Direktur RSUD Tanjung Batu, kita putuskan untuk menambahkan sebanyak 20 tempat tidur.

“20 tempat tidur ini kita menggunakan ruang rawat inap RSUD, nantinya bagi pasien non Covid 19 yang dirawat inap di RSUD ini kita pindahkan ke Puskesmas Kundur yang berada di Sungai Sebesi,” sambung Bupati Karimun.

Bupati Karimun menjelaskan jika ruang isolasi di rumah sakit Tanjung Batu tersebut khusus untuk pasien covid-19 yang bergejala. Sedangkan yang tidak bergejala disiapkan tempat isolasi terpusat di Hotel Gembira, Tanjung Batu.

BACA JUGA Setelah Videonya Viral, Pelaku Pengerusakan Kendaraan di Karimun, Ngaku Depresi

Meski demikian Bupati Karimun berharap semua warga Kabupaten Karimun tetap sehat. Menurutnya, berapa pun tempat tidur isolasi disiapkan Pemerintah, kalau masyarakat tidak taat protokol kesehatan, tetap akan kekurangan. Bahkan tenaga kesehatan juga bisa kewalahan.

Selain itu, Bupati Karimun juga memastikan ketersediaan tabung oksigen, APD hingga obat-obatan untuk penanganan pasien Covid – 19 yang dimiliki RSUD Tanjung Batu.

“Kami ingin menegaskan penanganan covid – 19 di Palau Kundur harus semaksimal mungkin dilaksanakan. Oleh karena itu segala kesiapan baik itu obat, tabung oksigen hingga APD harus selalu dipersiapkan,” ujar Bupati Karimun.

Bupati Karimun juga melakukan peninjauan ke Toko Sri Tanjung sub Agen Oksigen sebagai penyuplai oksigen ke RSUD Tanjung Batu.

Kita selain melakukan penambahan tempat tidur kita juga akan mambahkan tabung oksigen sebanyak 50 persen dari total yang ada saat ini, yang nantinya akan di pergunakan di RSUD Tanjung Batu. Jelas Bupati Karimun.(KomHumas)

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel