Dorong Ekspor Komoditas Pertanian, 16 Ton Kelapa Tujuan Malaysia Capai 212 Juta

210
Kementerian Pertanian melalui Karantina TB Karimun kembali melakukan sertifikasi ekspor sebanyak 16 ton daging kelapa dengan tujuan Malaysia, yang dilakukan oleh eksportir kelapa baru, dengan mencapai Rp 212,8 juta. (Foto : Ist)

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Kementerian Pertanian melalui Karantina TB Karimun kembali melakukan sertifikasi ekspor sebanyak 16 ton daging kelapa dengan tujuan Malaysia, yang dilakukan oleh eksportir kelapa baru.

Kepala Karantina Pertanian TB Karimun Willy Indra Yunan melalui keterangan tertulisnya menjelaskan bahwa, eksportir kelapa baru CV. GR, yang sebelumnya merupakan eksportir kulit kayu bakau tujuan Filipina, berusaha menambah ragam baru komoditas ekspornya berupa daging kelapa.

“Pengembangan usaha melalui komoditas pertanian,” terang Willy Indra Yunan.

Karena menurutnya, daging kelapa dengan nilai ekonomi mencapai Rp 212,8 juta tersebut diekspor untuk pertama kalinya oleh eksportir kelapa baru.

“Sebelum daging kelapa diekspor, pihaknya telah melakukan serangkaian tindakan karantina guna memastikan komoditas yang diekspor tersebut sehat dan aman setibanya di negara tujuan,” papar Willy.

Pada umumnya kata Willy, kondisi ekonomi dunia yang saat ini melemah akibat wabah pandemi COVID-19 secara global, akan tetapi di Karantina TB Karimun justru sebaliknya.

“Dengan datangnya ekportir kelapa baru ini dapat menambah semangat untuk membangkitkan perekonomian, khususnya dari sektor pertanian,” ungkap Willy.

Willy menambahkan, berdasarkan data Karantina Pertanian TB Karimun, tercatat fasilitasi ekspor daging kelapa selama kurun waktu dari bulan Januari hingga bulan Juni tahun 2021 sebanyak 4.006 ton dengan nilai ekonomis Rp 57,6 miliar.

“Hal ini meningkat sebanyak 28,76 persen dibandingkan pada periode yang sama tahun 2020, hanya menghasilkan 3.111 ton, dengan nilai ekonomis Rp 44,31 miliar,” tandasnya.

Oleh karena itu, pihaknya akan tetap optimis dengan kehadiran eksportir kelapa baru yang dapat mendorong kegiatan ekspor komoditas pertanian TB Karimun.

“Sehingga kelapa yang merupakan komoditas melimpah (unggulan) di TB Karimun, dapat dimaanfaatkan oleh para petani dan pelaku usaha untuk meningkatkan penghasilannya,” kata Willy.

Dorong Ekspor Komoditas Pertanian

Sementara itu, Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan), Bambang memberikan apresiasi kepada eksportir kelapa baru di TB Karimun, yang turut serta mendukung Gerakan Tiga Kali (Gratieks), dengan tujuan agar komoditas pertanian TB Karimun meningkat.

Menurutnya, hal ini tentunya sejalan dengan gerakan yang merupakan gagasan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dimana mampu mendorong pertumbuhan eksportir baru, yang merupakan salah satu langkah strategis untuk mendorong agar ekspor komoditas pertanian meningkat.

“Dengan memberikan kemudahan bagi eksportir dalam perizinan supaya proses ekspornya cepat, sehingga mampu mendorong tumbuhnya eksportir baru, tentunya dengan tetap menjaga kualitas komoditas dan keamanan yang diekspor sesuai dengan persyaratan negara tujuan,” pungkasnya.

Karantina Pertanian TB Karimun

Aman

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel