Layanan Internet TelkomGroup Down se Indonesia, Ada Gangguan Kabel Laut di Natuna-Pontianak

292
BTS Telkomsel TelkomGroup
Pemanfaatan Sumber Energi Ramah Lingkungan, Telkomsel Operasikan BTS Berteknologi Go Green Fuel Cell

WARTAKEPRI.co.id – Layanan internet dari Telkomsel dilaporkan down pada Minggu (19/9/2021) petang. Berdasarkan laporan situs pemantau Down Detector, laporan internet IndiHome dan Telkomsel down mulai meningkat sejak 17.25 WIB.

Laporan gangguan memuncak pada 19.00 WIB dan mulai menurun per 20.00 WIB.

Down Detector mencatat bahwa pengguna IndiHome dan Telkomsel di Jakarta dan Surabaya yang paling banyak melaporkan gangguan internet ini. Sebagian besar pengguna mengeluh bahwa internet mereka mengalami penurunan kualitas.

Baik IndiHome dan Telkomsel pun masuk ke dalam trending topic Twitter dengan jumlah mention kicauan masing-masing 19,5 ribu dan 8,3 ribu tweet per 20.10 WIB. Adapaun tanggapan Telkom terkait gangguan internet ini.

Berikut pernyataan resmi dari Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin:

Sehubungan dengan adanya gangguan teknis terutama pada layanan internet di sejumlah titik di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua, dapat kami sampaikan bahwa:

1. Saat ini kami bersama TelkomGroup sedang berusaha untuk menemukenali penyebab gangguan, dan memprioritaskan percepatan pemulihan akses layanan internet di seluruh wilayah yang terdampak. Sedangkan untuk layanan telepon dan SMS masih dapat diakses dengan normal.

2. Kami menyampaikan permohonan maaf atas hal ini, dan kami mengapresiasi kesetiaan pelanggan yang selalu mempercayakan solusi kebutuhan layanan telekomunikasi kepada Telkomsel. Kami akan segara menginformasikan proses pemulihan layanan tersebut secara berkala.

Pihak Telkom meminta maaf

Menurut keterangan Telkom, perusahaan induk dari IndiHome dan Telkomsel, telah terjadi gangguan pada sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera dan Kalimantan) ruas Batam – Pontianak hari ini (19/9/2021) mulai sekitar pukul 17.33 WIB.

Dampaknya, layanan internet TelkomGroup baik fixed maupun mobile broadband mengalami penurunan kualitas di beberapa wilayah Indonesia.

SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom, Ahmad Reza menyampaikan saat ini kami sudah langsung melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam, sehingga kualitas layanan dapat segera kembali normal sebelum tengah malam ini. Kami masih mengidentifikasi penyebab terjadinya gangguan.

Mewakili manajemen Telkom, Ahmad Reza menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin dirasakan pelanggan di wilayah terdampak.

‚ÄúSemoga gangguan dapat teratasi dan layanan TelkomGroup dapat kembali normal secepatnya,” singkat Ahmad Reza.(*)

Dikutip dari KumparanTech.

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel