Wujudkan Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan, Pemkab Karimun Raih Anugerah Parahita Ekapraya

51
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, menerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2021, kategori Utama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). (Foto : Ist)

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, menerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2021, kategori Utama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Sebelumnya, Kabupaten Karimun sendiri pada tahun 2019 lalu, berhasil meraih Anugerah Parahita Ekapraya, kategori Madya.

“Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2021, merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah (Pemda) yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, dan pemenuhan kebutuhan anak,” terang Bupati Karimun Aunur Rafiq, Senin (27/9/2021).

Karena menurut Rafiq, Pemkab Karimun sendiri telah memiliki komitmen dalam Pengarusutamaan Gender (PUG).

“Sebelum Kabupaten Karimun meraih penghargaan, bersama tim independen telah melaksanakan evaluasi pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) di Kementerian atau Lembaga dan Pemerintah Provinsi, Kabupaten serta Kota,” ungkap Rafiq.

Sehingga kata Rafiq, berdasarkan hasil evaluasi, Kabupaten Karimun telah memenuhi indikatornya dan berhasil meraih penghargaan APE tahun 2021 kriteria Utama.

“Sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran pada pimpinan Kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi Pengarusutamaan Gender (PUG),” paparnya.

Pencapaian ini, kata Bupati juga tidak serta merta diberikan begitu saja maupun melalui pendekatan, tetapi penghargaan ini diraih melalui proses yang panjang.

“Ada 7 komponen yang harus dipenuhi dan harus didukung, kerja keras dan kerjasama yang baik dari seluruh instansi terkait,” pungkasnya.

Aman

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel