Kementerian ESDM Anugerahkan PT Timah GMP Award, Sunindyo: Terapkan Prinsip dan Kaidah Pertambangan Yang Baik

PT Timah Tbk unit produksi Kundur kembali menyabet dua penghargaan sekaligus, Good Mining Practices Award) tahun 2022, dari Kementerian ESDM. Diterima langsung oleh Direktur Operasi dan Produksi PT Timah, Purwoko di hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (29/9/2022).(Foto : Ist)

HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – PT Timah Tbk unit produksi Kundur, Tanjungbalai Karimun kembali meraih dua penghargaan sekaligus dalam ajang prestasi penerapan kaidah teknik pertambangan yang baik tahun 2022, dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Penghargaan teknik pertambangan yang baik (Good Mining Practices Award) tahun 2022 tersebut diterima langsung oleh Direktur Operasi dan Produksi PT Timah, Purwoko di hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (29/9/2022).

Penghargaan Aditama tersebut meliputi aspek Pengelolaan Teknik Pertambangan, Kategori Kelompok Badan Usaha Pemegang KK, IUP BUMN, IUP PMA, serta IUPK Komoditas Mineral.

Selain itu, PT Timah Tbk Unit Produksi Kundur juga meraih penghargaan utama dalam aspek Pengelolaan Keselamatan Pertambangan, kategori Kelompok Badan Usaha Pemegang IUP BUMN, IUP PMA, IUP PMDN Komoditas Mineral dan Batubara.

Direktur Teknik dan Lingkungan Kementerian ESDM, Sunindyo Suryo Herdadi menjelaskan bahwa, penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi dari Kementerian ESDM, yang diperuntukkan bagi perusahaan pertambangan di Indonesia yang telah menerapkan kaidah pertambangan yang baik.

“Guna menyokong sekaligus memberikan apresiasi dan motivasi kepada seluruh perusahaan pertambangan, agar dapat berlomba-lomba dalam menerapkan kaidah pertambangan yang baik,” terang Sunindyo Suryo Herdadi.

Ia menyebut, penghargaan bergengsi tersebut dinilai oleh tim yang sudah memiliki kompeten dan profesional pada bidangnya masing-masing.

Dimana penilaiannya melibatkan para professional, melalui beberapa tahapan (proses), yakni diantaranya seleksi administrasi, verifikasi dan rapat pleno dalam menentukan penghargaan.

Sehingga kedepannya diharapkan agar para pelaku pertambangan mampu dan konsisten dalam menerapkan prinsip dan kaidah pertambangan yang baik.

“Tetap menerapkan prinsip dan kaidah pertambangan yang baik lagi,” pungkasnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Menteri ESDM yang diwakili Staf Khsusus bidang Percepatan Pengelolaan Mineral dan Batubara, Irwandy Arif mengapresiasi sekaligus menyampaikan ucapan terima kepada pelaku usaha industri pertambangan yang telah meraih penghargaan dalam GMP Award.

“Selamat kepada badan usaha pertambangan yang berhasil, saya berharap agar prestasi ini dapat dijadikan role model, untuk tetap konsisten melaksanakan kaidah pertambangan yang lebih baik lagi. Bagi yang belum, agar dapat meningkatkan dan berkonsisten. Menjadi motivasi untuk menerapkan kaidah pertambangan yang jauh lebih baik lagi,” ujarnya.

Irwandy menambahkan, tentunya dengan momentum penganugerahan GMP Award tersebut, mampu menjaga keselamatan para pelakunya sekaligus menjaga kelestarian lingkungan dalam jangka waktu yang panjang.

“Mampu menjaga keselamatan para pelakunya (pekerja), dan menjaga lingkungan dalam jangka waktu panjang,” tandasnya.(rls)

FANINDO

Honda Capella