PT Timah Tbk Raih Penghargaan K3 Kementerian ESDM, Prioritas SIOPL

Mengusung inovasi keselamatan pertambangan bertajuk Sistem Informasi Operasi Produksi Laut (SIOPL), PT Timah Tbk berhasil mencatatkan zero fatality dan terus melakukan transformasi dan inovasi dalam meningkatkan keselamatan dalam proses bisnis perusahaan.(Foto : Ist)

HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – PT Timah Tbk Unit Produksi Kundur kembali meraih penghargaan inovasi keselamatan pertambangan perusahaan komoditas mineral dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Penghargaan tersebut diumumkan dalam pembukaan peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional tahun 2022, yang dibuka oleh Direktur Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batu Bara, Sunindyo Suryo Herdadi, secara virtual oleh Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM, Kamis (12/1/2023).

PT Timah Tbk Unit Produksi Kundur meraih juara ke II dalam ajang inovasi keselamatan pertambangan.

Lomba ini diikuti lebih dari 1633 perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan. Dari seluruh peserta yang ikut kegiatan tersebut, terdapat 5 perusahaan yang masuk nominasi sebagai pemenang.

Wakil Kepala Unit Produksi Kundur sekaligus tim dari Inovasi Keselamatan Pertambangan, Anton Saputra menuturkan bahwa, inovasi ini dibuat untuk meminimalisasi dampak kecelakaan dari operasi penambangan.

“Mengusung inovasi keselamatan pertambangan bertajuk Sistem Informasi Operasi Produksi Laut (SIOPL),” ujarnya.

Hal tersebut tentunya kata Anton guna memonitoring kegiatan penambangan laut kapal isap produksi. Tim Unit Produksi Kundur sendiri telah memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini untuk dapat membantu mengurangi angka kecelakaan pada saat penggalian.

“Pada inovasi keselamatan pertambangan melalui SIOPL ini, kita dapat memonitor posisi kapal saat melakukan penggalian, serta mengetahui kondisi atau kultur tanah seperti apa,” beber Anton.

Sehingga menurutnya informasi yang di dapat dengan cepat tentu akan memudahkan para crew penambangan untuk segera mengambil tindakan yang dibutuhkan.

“Banyak manfaat dari SIOPL ini diantaranya untuk mendukung Keselamatan dalam penambangan, seperti menurunkan intensitas ladder tertimpa atau terjepit material, menurunkan probabilitas resiko kapal karam dan tenggelam akibat ladder tertimpa atau terjepit material penambangan, dan masih banyak lagi,” paparnya.

Dengan memanfaatkan inovasi ini, masih kata Anton, dengan menggunakan jaringan internet dari jauh juga dapat memonitor posisi beroperasinya kapal, posisi gali cutter, area penambangan dan data penambangan.

“Selain itu dengan inovasi SIOPL juga dapat mengurangi biaya dari dampak terjadi sebuah kecelakaan kerja,” pungkasnya.

Anton mengakui, dalam dua tahun berturut PT Timah Tbk berhasil mencatatkan zero fatality dan terus melakukan transformasi dan inovasi dalam meningkatkan keselamatan dalam proses bisnis perusahaan.

“Sehingga terwujudnya pekerjaan layak yang berbudaya K3, guna mendukung keberlangsungan usaha di setiap tempat kerja,” tandasnya.(Aman/rls)

FANINDO

Honda Capella