Kegiatan Padat Karya dan Bakti Sosial dari Presiden dan Kemenhub RI di Pulau Terluar Indonesia

112
Bandara Letung

WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS – Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo (Jokowi) melalui Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang dilaksanakan oleh UPBU III Letung laksanakan kegiatan Padat Karya dan Bakti Sosial di area Bandar Udara Letung Kecamatan Jemaja Timur Kabupaten Kepulauan Anambas Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu, 2/10/2021.

Masih dalam suasana memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tahun 2021, Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kantor UPBU III Letung Anambas laksanakan kegiatan Padat Karya dan Bakti Sosial untuk masyarakat di Pulau Jemaja, yang mana Pulau Jemaja itu sendiri terdiri dari 3 Kecamatan antaranya adalah Kecamatan Jemaja, Kecamatan Jemaja Timur dan Kecamatan Jemaja Barat, Pulau Jemaja terletak di bagian utaranya Indonesia.

Kegiatan Padat Karya dan Bakti Sosial tersebut adalah Program Pemulihan Ekonomi Nasional dari Presiden Republik Indonesia melalui Kementerian Perhubungan yang dilaksanakan oleh UPBU III Letung.

Pekerjaan bersih-bersih Bandar Udara Letung diaplikasikan sebagai program padat karya yang rutin diadakan setiap tahun oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) dengan tujuan agar Bandar Udara tetap terawat dan terjaga, selain itu juga untuk membantu perekonomian masyarakat akibat Pandemi Covid-19, yang hingga saat ini masih melanda Negara kita.

Kegiatan tersebut di ikuti oleh 71 Warga Pulau Jemaja Kabupaten Kepulauan Anambas, kegiatan Padat Karya ini sudah yang kelima kalinya dilaksanakan.

Andy Hendra Suryaka,ST.MM Kepala Bandara UPBU III Letung dalam sambutannya mengatakan bahwa Program Pemulihan Ekonomi Nasional ini adalah program dari Bapak Presiden RI melalui Kementerian Perhubungan RI ya g dilaksanakan oleh UPBU III Letung.

BACA JUGA Jaringan Internet Telkomsel di Jemaja Hilang Total, Ini Penyebabnya

“Program Pemulihan Ekonomi Nasional ini dari Bapak Presiden, kemudian peran serta dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dalam rangka Peningkatan Perekonomian Masyarakat melalui Kegiatan Padat Karya, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar Bandar Udara Letung, Alhamdulillah kegiatan ini sudah yang ke lima kalinya, dan semuanya sudah berjalan dengan harapan kita bersama dan tujuan dari kegiatan ini juga sudah tepat pada sasaran, yaitu masyarakat sekitar Bandara”. ucapnya.

Lebih lanjut Andy juga mengungkapkan bahwa program padat karya ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Ditjen Hubud yang didasari oleh Peraturan Menteri No. 73 Tahun 2018 tentang Tata Cara Penyelenggara Program Padat Karya di Lingkungan Kementerian Perhubungan.

“Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Ditjen Perhubungan Udara terhadap masyarakat lokal, dalam kegiatan ini kami juga menyalurkan sekitar 200 paket sembako untuk warga sekitar bandara, hal ini dilakukan untuk membantu perekonomian warga ditengah wabah Covid-19 yang membutuhkan uluran tangan dari bandara letung saat ini,”. sampainya lagi.

Aplikasi program Padat Karya dan Bakti Sosial ini memang menjadi salah satu yang di ‘push’ oleh Pemerintah Pusat, untuk mengatasi dampak dati Pandemi Covid-19.

“Jadi program padat karya ini tidak sekedar memberikan penghasilan pada masyarakat sekitar, tetapi masyarakat justru akan merasa ikut memiliki dan menjaga bandara, karena mereka ikut mengerjakan, ikut membangun dan merawatnya, maka dari itu, Bandara Letung ini milik kita bersama, maka dari itu kita jaga dan rawat bersama sama”. tutupnya.

Saat melakukan pengecekan, Andi ikut turun langsung mengarahkan para warga untuk mencabut rumput di sekitar terminal Bandara, yang di dampingi oleh Instansi Vertikal yang ada di Pulau Jemaja.

Sementara itu Wan Zuhendra Wakil Bupati Kepulauan Anambas melalui sambungan telepon yang disampaikan oleh Andy Hendra Suryaka pada saat acara sedang berlangsung mengatakan bahwa Pemerintah Daerah meminta maaf atas tidak bisa hadirnya dalam acara tersebut, akibat Faktor Cuaca yang kurang bersahabat, namun Pemerintah Daerah sangat berterima kasih kepada Bapak Presiden RI dan Bapak Menteri Perhubungan yang telah melaksanakan kegiatan program Padat Karya dan Bakti Sosial di Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Kami pemerintah daerah meminta maaf atas ketidak hadirannya dalam kegiatan tersebut, namun kami Pemda Anambas sangat berterima kasih kepada Pemerintah Pusat yang telah membantu memulihkan ekonomi masyarakat melalui program Padat Karya dan Bakti Sosial untuk masyarakat Anambas, semoga kegiatan ini terus berlanjut, sehingga program program pemerintah pusat bisa dirasakan hingga di wilayah perbatasan NKRI”. ucap Andy saat mengutip penyampaian dari Bapak Wakil Bupati Kepulauan Anambas melalui sambungan telepon.

Warga yang mengikuti kegiatan Padat Karya dan Bakti Sosial sangat antusias, kemudian yang paling terpenting semua peserta menerapkan Protokol Kesehatan (Protkes) Covid-19, kegiatan ini akan dilaksanakan satu kali dalam seminggu, tergantung cuaca dan halangan serta hambatan lainnya.(Rama)

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel