Danlanal Tarempa laksanakan Komsos dengan masyarakat desa Temburun

103

WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS – Masih dalam rangkaian kegiatan Karya Bakti TNI Angkatan Laut Wilayah Perbatasan T.A. 2021, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Tarempa Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M.Tr.Opsla mengadakan pertemuan atau Komunikasi Sosial (Komsos) dengan masyatakat desa Temburun di Balai Pertemuan Masyarakat Desa Temburun, Kec. Siantan Timur, Kab. Kepulauan Anambas.

Seperti kita ketahui bahwa Karya Bakti TNI Angkatan Laut ini adalah merupakan salah satu program kerja dari Bapak Kepala Staf TNI Angkatan Laut atau Kasal, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. oleh sebab itu setiap butir-butir pencapaian target Bakti TNI Angkatan Laut ini harus betul-betul terlaksana dan harus sampai kepada masyarakat sehingga apa yang telah pimpinan rencanakan akan terlaksana serta langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan pada akhirnya akan memberikan dampak positif dari segala aspek untuk kepentingan Bangsa dan Negara.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Tarempa, Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M.Tr. Opsla, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan komunikasi sosial yang kita singkat dengan Komsos ini merupakan salah satu upaya pencapaian cluster, melalui kegiatan ini diharapkan kepada masyarakat akan bisa menambah pengetahuan dibidang wawasan kebangsaan, bela negara ideologi negara Pancasila dan masalah-masalah sosial seperti yang sedang kita rasakan saat ini, yaitu bahaya wabah Covid-19

”Bela negara merupakan kewajiban bagi seluruh warga negaranya Republik Indonesia, bela negara bisa dilaksanakan oleh setiap orang, tidak memandang apa profesi atau pekerjaannya, tidak harus dengan mengangkat senjata dan bambu runcing, namun dalam tindakan-tindakan kecil dalam kehidupan sehari-hari seperti melestarikan budaya yang sudah mulai terkikis oleh kemajuan zaman serta taat kepada hukum dan aturan yang berlaku, itu sudah merupakan bagian dari bela negara, jika kita membiasakan diri dengan hal-hal demikian, dengan sendirinya jiwa nasionalisme kita akan timbul dan meningkat, kemudian dengan meningkatnya rasa nasionalisme berarti ikut serta dalam usaha untuk menumbuhkan rasa cinta dan kesadaran terhadap proses kehidupan berbangsa dan bernegara yang tentunya secara otomatis ikut menjaga stabilitas keamanan negara, begitu juga dengan masalah kesehatan, kita tahu bahwa sudah kurang lebih 2 tahun negara kita dilanda wabah Covid-19 yang tentunya sangat merugikan kita semua, merasuki setiap sendi kehidupan baik ekonomi politik, sosial, budaya dan yang lainnya. Bagaimana cara kita keluar dari masalah ini, tidak cukup hanya mengandalkan pemerintah, ini merupakan tugas dan tanggung jawab kita bersama, karena kebijakan pemerintah tidak akan ada artinya jika tidak didukung oleh masyarakatnya, sehingga marilah kita bersama-sama saling bahu-membahu untuk memotong dan memutus mata rantai penyebaran Virus Covid-19 supaya bangsa kita segera terbebas dari Pandemi dan bisa kembali bangkit untuk menyongsong masa depan Indonesia yang lebih maju,” tambah Danlanal Tarempa (Sabtu,16/10/2021).

Sebelum mengakhiri sambutanya, Danlanal Tarempa juga menyampaikan bahwa dalam masa Pandemi Covid-19, Pemerintah sudah berupaya keras dengan berbagai program dan kebijakan guna mencegah dan menghentikan penyebaran virus Covid-19, tentunya hal tersebut membutuhkan peran aktif seluruh komponen masyarakat dengan mematuhi dan melaksanakan seluruh protokol kesehatan yang sudah ditetapkan dan melalui program komunikasi sosial ini diharapkan masyarakat sebagai warga negara harus lebih bisa mengerti dan memahami bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta ini adalah negara hukum dan merupakan negara yang berasaskan demokrasi, sehingga diharapkan kepada masyarakat selalu mentaati semua peraturan dalam berbangsa dan bernegara dalam kondisi dan situasi apapun, serta diharapkan pula kepada masyarakat agar selalu mengutamakan rasa kekeluargaan dalam menyelesaikan masalah jika terjadi permasalahan di lingkungan masyarakat, selesaikan dengan musyawarah, kemudian yang tidak kalah pentingya, selalu tingkatkan pola hidup sehat dan berwawasan kebangsaan yang luas demi terciptanya ketahanan negara yang tangguh dan kokoh.

Selesai memberikan kata sambutan, Danlanal Tarempa memberikan secara simbolis paket sembako kepada masyarakat dan selanjutnya seluruh paket sembako akan dibagikan kepada para peserta Komsos yang hadir dan kepada warga Desa Temburun, setelah penutupan acara Komsos.

Hadir dalam acara Komunikasi sosial, diantaranya Danlanal Tarempa, Nara Sumber dari Bakesbangpol, Dinas Perikanan, Pertanian dan Pangan Kab. Kepulauan Anamabs, Camat Siantan Timur, Kades Temburun, Danramil 02 Tarempa serta perangkat desa Temburun yang terlibat.

PKP HIMALAYA DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel