Binda Kepri Laksanakan Vaksinasi Covid-19 Serentak di Lapas Batam dan Tanjungpinang

518
Binda Kepri Laksanakan Vaksinasi Covid-19 Serentak di Lapas Batam dan Tanjungpinang. (Photo: Istimewa)

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Binda Kepri terus menggesa pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dengan menyasar berbagai kelompok masyarakat, tidak terkecuali warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) di Kota Batam dan Tanjungpinang, Provinsi Kepri.

Jika sebelumnya Binda Kepri melaksanakan kegiatan vaksinasi massal dan Door to Door untuk masyarakat umum, kali ini Binda Kepri menargetkan agar seluruh warga binaan di Lapas dan Rutan juga mendapat kemudahan vaksinasi Covid-19, pada Senin (6/12/2021).

Kegiatan vaksinasi digelar serentak di 4 titik lokasi, yakni di Lapas Kelas II A Batam, Lapas Kelas II A Tanjungpinang, Lapas Narkotika Tanjungpinang dan Rutan Kelas I Tanjungpinang. Adapun vaksinasi Covid-19 diberikan kepada warga binaan yang belum mendapat vaksin, yakni dengan jumlah target sasaran sebanyak 230 orang.

“Tidak ada perbedaan, semua kami berikan kemudahan untuk mendapat vaksin Covid-19, termasuk bagi warga binaan di Lapas dan Rutan, karena virus corona ini bisa menjangkiti siapa saja dimana saja jadi sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk melakukan vaksinasi Covid-19 kepada seluruh masyarakat,” tegas Kabinda Kepri, Brigjen Pol. R.C. Gumay melalui Kabagops Binda Kepri, Kolonel Chb. Komara Manurung, pada Senin.

Komara menambahkan, selama periode Desember 2021, Binda Kepri akan terus menggelar kegiatan vaksinasi secara masif dalam rangka mengejar target capaian vaksinasi di wilayah perbatasan Provinsi Kepri agar bisa tercapai 100 persen pada akhir tahun.

“Kami berkolaborasi dengan jajaran terkait mendukung program pemerintah dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19, terutama sebagai upaya untuk mencegah peningkatan kasus Covid-19 jelang Nataru,” terang Komara.

Ia juga menegaskan agar masyarakat tetap waspada dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan karena diketahui varian baru Omicron sudah terdeteksi di Singapura dan Malaysia.

Hingga saat ini, Binda Kepri juga telah mendistribusikan sebanyak total 37.167 dosis vaksin. Jumlah tersebut akan terus bertambah seiring dengan masifnya pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang digelar Binda Kepri pada Desember 2021.

Plh Kepala Rutan Kelas I Tanjungpinang, Ali Imran Asyari mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan Binda Kepri sehingga membantu warga binaan untuk ikut terlibat dalam mencegah penyebaran Covid-19.

“Terimakasih kepada Binda Kepri atas pelaksanaan vaksinasi kepada warga yang termajinalkan di Rutan Kelas I Tanjungpinang, diharapkan ke depannya, koordinasi antara Binda Kepri dan Rutan tetap terjaga dan terus ditingkatkan,” ungkap Imran.

Apresiasi yang sama juga diutarakan oleh Kepala Lapas Kelas II A Batam, Dannie Firmansyah, yang mengharapkan dengan pelaksanaan vaksinasi Covid-19, seluruh warga binaan maupun pegawai Lapas bisa terhindar dari Covid-19.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dari Binda Kepri karena berkenan memfasilitasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Lapas, harapan kami agar dengan telah divaksin, seluruh warga binaan, pegawai maupun masyarakat sekitar bisa terhindar dari Covid-19,” ungkap Dannie.

Salah satu warga binaan Rutan Kelas I Tanjungpinang, Irfanda Saputra juga mengungkapkan rasa terima kasihnya karena diberikan kemudahan untuk mendapat vaksin meskipun saat ini sedang menjalani tahanan.

“Terimakasih karena telah memvaksinasi kami yang berada di Rutan sehingga mendapatkan perlakuan yang sama dengan masyarakat di luar, dengan vaksin ini akan memudahkan kami untuk beraktivitas normal di tengah masyarakat jika nantinya telah dinyatakan bebas,” kata Irfan. (ril)

Honda Capella

FANINDO