Pemkab Anambas Apresiasi Pelatihan Selam Bersertifikat yang Digelar HNSI dan Medco E&P Natuna

58
Pemkab Anambas Apresiasi Pelatihan Selam Bersertifikat yang Digelar HNSI Bersama Medco E&P Natuna. (Foto: Istimewa)

WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Anambas mengapresiasi pelatihan selam dan pemasangan terumbu karang yang diselenggarakan oleh Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Kita bangga HNSI Anambas sudah menginisiasi pelatihan ini,” kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Ody Karyadi saat membuka pelatihan selam di Anambas Resort, Kamis (13/1/2022).

Pelatihan selam dan pemasangan terumbu karang ini terlaksana melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Medco E&P Natuna Ltd. Kegiatan ini akan berlangsung selama 7 hari kedepan.

Ody dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini sejalan dengan rancangan kepariwisataan Anambas yang bakal ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda). “Dan ini merupakan modal dasar untuk membangun laut kita,” imbuhnya.

Sekretaris HNSI Kepulauan Anambas, Dedi Syaputra, menyebut kegiatan ini sangat penting bagi masyarakat maupun nelayan pada umumnya untuk menambah pengetahuan dunia diving.

Apalagi, lanjut Dedi, melalui pelatihan ini para peserta bakal mendapatkan sertifikat. “Ini artinya mereka sudah memahami tekhnik penyelaman, sehingga dapat mengurangi kecelakaan saat menyelam,” tambahnya.

Dedi mengatakan setelah pelatihan selam nantinya para peserta akan lanjut melakukan pemasangan terumbu karang bersama Lanal Tarempa, Polres Anambas, Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional Pekanbaru di Anambas, dan Dinas Perikanan.

“Pemasangan terumbu karang ini dilakukan di Batu Loso, Desa Tarempa Barat Daya, Kecamatan Siantan,” jelasnya.

Sementara, menurut Pimpinan Medco E&P Natuna Ltd, Ronny Saragi, sertifikat pelatihan yang akan diberikan kepada para peserta nantinya adalah sertifikat jenjang open water.

Sertifikat ini kata dia diperlukan oleh tenaga terampil bidang penyelaman yang nantinya dapat membantu kegiatan konservasi terumbu karang dan kegiatan pariwisata bahari lainnya.

Karena itu, ia berharap kegiatan ini mendapat dukungan demi membangun komitmen bersama dalam menjaga kelestarian lingkungan pesisir di Kepulauan Kepri, khususnya di Kepulauan Anambas.

“Kami bersama HNSI berharap kegiatan ini mendapat dukungan semua stakeholder , termasuk pemerintah daerah,” pungkasnya. (rama)

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!
DEWAN PERS WARTAKEPRI

FANINDO

FANINDO

PKP HIMALAYA