Jual Foto Selfie di Non-Fungible Token, Ghozali Everyday Raup Rp1,5 Miliar

51
Ghozali Everyday NFT
Ghozali Everyday NFT

WARTAKEPRI.co.id – Berita Non-Fungible Token mempublikasi nilai transaksi selama tahun 2021 mencapai Rp357 Triliun, pada Rabu (12/1/2022). Dan, selang sehari tepatnya Kamis (13/1/2022) Indonesia dikagetkan dengan berita ada pemuda bernama Ghozali Everyday mendadak kaya karena menjual foto bernilai miliaran rupiah.

Dan, keberhasilan Ghozali ini mendadak viral di berbagai platform media sosial karena dapat uang miliaran rupiah hanya bermodal foto selfie. Sosoknya semakin menjadi sorotan ketika chef Arnold juga ikut membeli sejumlah NFT-nya.

Ghozali sendiri mahasiwa jurusan Animasi asal Kota Semarang itu meraup untung hingga miliaran rupiah dari penjualan ratusan foto selfie-nya di non-fungible token (NFT).

Ghozali alias Sultan Gustaf AL Ghozali mengatakan, dari penjualan foto selfie-nya ia telah meraup keuntungan sebesar Rp 1,5 miliar dan akan terus bertambah.

“Total pendapatan saya sudah dapat pendapatan total Rp 1,5 miliar lebih. Itu nilai dari keseluruhan yang beli, ada yang bilang sampe Rp 12 M. Tapi saya misal ada yang beli foto saya lagi misal Rp 20 juta saya dapet 10 persen begitu terus,” ujar Ghozali saat ditemui di kampus Udinus Semarang, Kamis (13/1/2022).

Ia menjelaskan, nantinya uang hasil penjualan foto selfie-nya itu akan digunakan untuk berinvestasi atau membuat studio animasi.

“Ke depan uangnya buat investasi lagi. Berharap setelah lulus mau kerja di animasi buat cari pengalaman terus bikin studio animasi sendiri,” jelas dia.

Tak hanya kebanjiran rezeki, pria berumur 22 tahun itu juga mendapat dukungan dari beberapa pesohor di ibukota. Antara lain Chef Arnold Poernomo, dan influencer Reza Arap.

“Tadi malam dikontak sama Chef Arnold, nanti dibantuin sama teman-teman sama Chef Arnold gimana caranya muterin uangnya. Dikontak langsung sama Chef Arnold lewat whatsapp. Reza Arap juga,” jelas dia.

Sefie Ghozali di NFT
Jual Foto Selfie di Non-Fungible Token, Ghozali Everyday Raup Miliaran Rupiah

NFT atau Non-Fungible Token

Dikutip dari Forbes, NFT atau Non-Fungible Token adalah aset digital yang mewakili obyek dunia nyata seperti seni, musik, item dalam game, dan video.

Mereka dibeli dan dijual secara online, seringkali dengan cryptocurrency, dan mereka umumnya dikodekan dengan perangkat lunak dasar yang sama dengan banyak cryptos.

Siapa pun dapat melihat gambar satu per satu atau bahkan seluruh kolase gambar secara online secara gratis.

Tapi, bagi orang umum pasti heran mengapa ada orang yang rela menghabiskan jutaan dolar untuk sesuatu yang bisa mereka screenshot atau unduh dengan mudah? Ini karena NFT memungkinkan pembeli memiliki barang asli.

Tidak hanya itu, ini berisi otentikasi bawaan, yang berfungsi sebagai bukti kepemilikan. Kolektor menghargai “hak membual digital” itu hampir lebih dari barang itu sendiri.

Hal yang membedakan NFT dengan Bitcoin atau cryptocurrency lainnya adalah, setiap NFT memiliki tanda digital yang membuatnya tidak mungkin ditukar atau dibandingkan dengan lainnya.

Kembali pada Ghozali, tak ada alasan jelas mengapa foto-foto yang dijualnya bisa begitu populer. Awalnya foto itu dijual 0,001 ETH atau sekitar Rp 48.000, tapi berkembang dan meningkat dengan cepat.

Di akun OpenSea miliknya, bahkan sudah tercatat ada 448 pemilik NFT-nya dari total foto yang dijual sebanyak 933. OpenSea merupakan platform jual beli NFT.

“Aku mengambil foto diriku sendiri sejak usia 18 sampai 22 tahun (2017-2021),” tulis Ghozali menjelaskan periode foto.

“Ini benar-benar fotoku berdiri di depan komputer, dari hari ke hari,” tulisnya dalam keterangan akun OpenSea miliknya. Harga terendah NFT Ghozali hari ini di angka 0.29 ETH atau sekitar Rp 48 juta.

Chef Arnold yang diketahui membeli beberapa NFT Ghozali mengungkap rasa kagum atas konsistensi Ghozali.

“Gozali membuat proyeknya selama 3 tahun terakhir. Kerja keras dan dedikasi satu orang,” tulis Chef Arnold di akun @ArnodlPoernomo. “Ruang ini telah mengubah banyak kehidupan orang..jika itu bisa mengubah Anda…kita bisa mengubah hidupnya juga,” lanjutnya. (*)

Dipublikasi : Kumparan dan Kompas

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!
DEWAN PERS WARTAKEPRI

FANINDO

FANINDO

PKP HIMALAYA