Tips Pelatihan Pemain Sepak Bola Profesional

Ronaldo-Rooney-Neymar-Bola
Ronaldo Rooney Neymar

HARRIS BARELANG

Tips Latihan Fisik Menjadi Pemain Bola Profesional sudah banyak dipraktekkan oleh mereka yang sudah malang melintang di kejuaraan sepak bola nasional maupun internasional. Beberapa pemain kelas dunia seperti Cristiano Ronaldo, Neymar, dan Wayne Rooney adalah contoh nyata dari pemain sepak bola profesional yang suka melakukan latihan di bawah ini.

Khusus untuk kamu yang baru ingin memulai hobi atau memiliki passion terhadap sepak bola, kamu wajib simak tips latihan fisik sepak bola berikut ini. Namun sebelum itu kami akan perkenalkan salah satu permainan yang sangat seru yang bisa anda coba yaitu Slot online. Permainan ini memiliki banyak peminat karena bisa menghasilkan keuntungan dengan sangat mudah dalam permainan.

Latihan fisik untuk menjadi pemain sepak bola Pro

Latihan Daya Tahan
Salah satu daya tahan tubuh adalah daya tahan darah dan jantung atau lebih dikenal dengan istilah kardiovaskular. Untuk memperkuat daya tahan tubuh bisa di lakukan dengan latihan cardio contohnya jogging, lari atau melakukan gerakan-gerakan lain yang didominasi oleh nilai-nilai aerobik.

Mulailah membiasakan lari jogging selama kurang lebih 40 hingga 60 menit dengan berbagai variasi kecepatan yang bisa dipadukan satu sama lain. Latihan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan daya tahan otot serta juga bisa meningkatkan daya tahan kardiovaskuler. Makna dari pernyataan di atas adalah kita dituntut untuk terus bergerak dan berlari dalam jangka waktu tertentu dan cukup lama tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan.

Setelah terbiasa dengan latihan kardio, terus tingkatkan kecepatan, kualitas gerakan, dan intensitas latihan sehingga dapat berdampak lebih besar pada kekuatan dan stamina Anda di lapangan. Hingga pada akhirnya kamu bisa melakukan gerakan-gerakan cepat dalam tempo yang panjang dan konsisten tentunya.

Latihan Kekuatan Tubuh
Setelah mantap dalam melakukan latihan endurance, latihan selanjutnya yang harus anda lakukan adalah latihan kekuatan. Caranya adalah dengan berlatih angkat beban. Bagi pemain sepak bola latihan yang seperti ini sangat efektif. Anda bisa mulai latihan ini dengan melakukan push up, pull up. Back up, squat, dumbbell lift atau barbell lift, dan latihan menggunakan beban lainnya.

Anda harus ingat, saat melakukan latihan kekuatan ini, Anda diharuskan untuk tidak melompat di tempat dengan permukaan yang keras karena dapat menyebabkan cedera tubuh pada tulang kaki dan tulang kering Anda.

Latihan Kecepatan Tubuh
Untuk latihan selanjutnya yang harus di lakukan pemain bola adalah latihan kecepatan tubuh. Dalam sebuah tim kecepatan merupakan faktor utama yang sangat di butuhkan hal ini berlaku untuk semua cabang olahraga. Semua pemain yang ada di dalam lapangan di tuntut untuk memiliki keseimbangan dalam tubuh serta bisa bergerak dengan bebas dan bisa mempertahankan keseimbangan agar tidak mudah terjatuh.

Nah, untuk latihan kecepatan ini, jenis latihan yang bisa kita lakukan adalah lari shuttle run atau lari bolak-balik dengan jarak 6 kilometer. Jika Anda terbiasa melakukan shuttle run ini, agar latihan bisa meningkat bisa menambahkan rintangan dan beban pada latihan. Selain shuttle run, latihan lain yang bisa Anda lakukan adalah lari sprint dengan intensitas tinggi yang tidak kalah efektifnya dalam melatih kecepatan tubuh Anda.

Latihan Fleksibilitas
Sebagai pemain sepak bola profesional, harus memiliki pergerakan yang sangat fleksibel. Hal ini memiliki tujuan agar mudah dalam mengontrol bola. Selain itu, fleksibilitas memiliki efek pada pencegahan cedera pada sendi dan otot Anda. Agar anda mendapatkan manfaat latihan kelenturan, anda harus berlatih dengan benar. Anda bisa melatih kelenturan ini dengan melakukan knee kiss, wax stance, dan latihan lainnya.

Penuhi asupan gizi dari makanan yang dikonsumsi
Nah, setelah Anda bisa dan biasakan melakukan 4 latihan di atas. Poin terakhir kelima ini adalah kunci yang harus Anda penuhi. Dengan melakukan 4 latihan di atas tanpa diimbangi dengan asupan nutrisi yang baik, maka akan sia-sia. Karena dengan menjaga asupan yang masuk ke dalam tubuh kita, kita bisa mengoptimalkan energi dalam bermain sepak bola atau dalam pertandingan sebenarnya.

Secara umum, pemain sepak bola diharuskan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein tinggi. Bagi pemain sepak bola sangat di sarankan untuk meminum air yang mengandung rehydrate hal ini bertujuan agar mudah dalam mencerna karbohidrat dan kemudian bisa di serap oleh tubuh.

Itulah program latihan fisik yang harus Anda lakukan untuk menjadi pemain sepak bola profesional seperti pemain idola seperti Cristiano Ronaldo, Neymar, dan Wayne Rooney. Mereka tidak secara instan mendapatkan kesuksesan dalam bermain sepakbola hingga saat ini. Mereka tentunya melakukan banyak latihan dan berusaha agar menjadi pemain bola profesional seperti saat ini dan mendulang sukses dalam dunia sepakbola.(*/bl)

FANINDO

Honda Capella