Ikapas Batam Salurkan Ratusan Kilogram Beras untuk Korban Gempa Pasaman

604
Pengurus Ikapas Batam foto bersama Bupati Pasaman
Pengurus Ikapas Batam foto bersama Bupati Pasaman Benny Utama. (Foto: Istimewa)

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Bencana gempa bumi dan tanah longsor yang melanda Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat pada 25 Februari 2022 lalu masih menyisakan duka dan kesedihan yang dirasakan masyarakat setempat.

Tak hanya masyarakat setempat, duka dan kesedihan juga ikut dirasakan oleh para perantau asal Kabupaten Pasaman yang ada di Kota Batam, Provinsi Kepri. Salah satunya adalah Ikatan Keluarga Pasaman (Ikapas) Batam.

Paguyuban yang diketuai oleh Purnawirawan Polri AKBP Arwin Pribadi itu melakukan penggalangan dana untuk membantu meringankan beban sanak saudara di kampung halaman Pasaman yang menjadi korban peristiwa tersebut.

“Kita sangat prihatin, sedih melihat kondisi saudara kita yang ada di kampung halaman akibat gempa bumi dan tanah longsor yang terjadi beberapa waktu lalu itu. Bahkan ada yang rumahnya hancur, ada pula yang meninggal dunia,” kata Arwin, Kamis (10/3/2022).

Arwin mengatakan, penggalangan dana ini murni sebagai bentuk kepedulian bersama atas musibah yang menimpa warga Pasaman, tepatnya di Tigo Nagari dan Malampah.

“Ini untuk membantu meringankan beban warga yang terkena musibah,” katanya.

Ia menyebutkan, saat ini perantau Pasaman terus berupaya melakukan penggalangan dana untuk korban gempa bumi dan tanah longsor di dua daerah tersebut.

“Perantau Pasaman yang tergabung dalam Ikapas Batam peduli terhadap musibah gempa bumi dan tanah longsor di Pasaman ini,” sebutnya.

Ia mengatakan hasil dari penggalangan dana di Batam ini akan langsung didistribusikan. Untuk tahap pertama, ada ratusan kilogram beras yang didistribusikan untuk mereka yang terdampak bencana.

“Nanti rencananya pada tahap kedua saya beserta pengurus lainnya yang mengantarkan langsung ke lokasi pada 21 Maret 2022,” ucapnya.

Ia berharap kondisi pascagempa di Pasaman segera pulih sehingga masyarakat kembali dapat beraktivitas seperti sedia kala. “Semoga segera pulih seperti biasa,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Pasaman Benny Utama mengucapkan terima kasih banyak atas bantuan dan sumbangsih dari donatur para perantau Pasaman yang ada di Kota Batam.

“Mari bersama-sama mendoakan agar saudara-saudara kita terlindungi dari bencana yang menimpa, dan diberikan kesehatan,” kata Benny. (taufik)

Honda Capella

FANINDO