Jelang Ramadhan Vaksinasi Massal Binda Kepri Dipadati Ribuan Masyarakat

Jelang Ramadhan Vaksinasi Massal Binda Kepri Dipadati Ribuan Masyarakat. (Foto: Istimewa)

HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Kebijakan pemerintah yang memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mudik Lebaran tahun ini apabila telah menerima vaksin dosis 3 atau booster disambut antusias oleh masyarakat.

Hal tersebut dibuktikan dengan ramainya antrian masyarakat untuk mendapat vaksin dosis 1, dosis 2 dan dosis 3 atau booster di Komplek Maha Vihara Duta Maitreya Batam, pada Sabtu (26/3/2022).

Berdasarkan hasil pendataan, terdapat sekitar 8.000 orang terdaftar mengikuti vaksinasi yang diselenggarakan Binda Kepri bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, PSMTI dan Yayasan Pancaran Maitri.

Kabinda Kepri, Brigjen Pol. R. C. Gumay mengatakan mayoritas masyarakat mengantri untuk mendapat vaksin booster dikarenakan sudah menjadi persyaratan wajib bagi masyarakat jika nanti ingin mudik Lebaran.

“Jelang Ramadhan tahun ini, peserta vaksinasi didominasi oleh masyarakat yang belum mendapat booster, ini menjadi sinyal baik karena seiring dengan meningkatnya jumlah penerima vaksin booster, kekebalan masyarakat terhadap penyebaran Covid-19 juga meningkat,” terangnya.

Ia melanjutkan, sesuai dengan arahan Presiden RI, BIN juga dilibatkan dalam menyukseskan program vaksinasi Covid-19.

“Pelaksanaan vaksinasi ini merupakan upaya yang harus ditempuh sebagai langkah antisipasi terhadap potensi penyebaran Covid-19 dan proteksi terhadap kesehatan masyarakat jelang Ramadhan dan mudik Lebaran 2022, ungkapnya.

Sesuai dengan data Dinas Kesehatan Kepri, hingga 25 Maret 2022, capaian vaksinasi booster bagi masyarakat berusia di atas 18 tahun baru mencapai 23,10 persen atau 317.215 orang dari total sasaran 1.373.372 orang masyarakat Kepri.

Sementara khusus wilayah Batam, vaksinasi booster baru mencapai 27,57 persen atau 217.618 orang dari total sasaran 789.451 orang masyarakat Batam.

Sebelumnya, Kepala BNPB RI, Letjen TNI Suharyanto mengatakan pemerintah telah menargetkan vaksinasi booster bisa mencapai 30 persen pada akhir Mei 2022.

“Target vaksinasi booster bisa mencapai 30 persen, kita optimis Batam bisa segera mencapai target, makanya kerjasama Satgas Covid-19, BIN, TNI/Polri dan Pemerintah Daerah terus digalakkan untuk pelaksanaan vaksin dosis 3,” terangnya pada saat melakukan peninjauan vaksinasi di Batam, Kamis lalu.

Salah satu peserta vaksinasi, Dinda mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kemudahan yang diberikan pemerintah bagi masyarakat untuk mendapat vaksin booster.

“Terima kasih Bapak Presiden, terima kasih Bapak Kabin atas pelaksanaan vaksinasi hari ini, alhamdulilah saya sudah mendapat vaksin booster, semoga seluruh masyarakat sehat dan bebas dari penyebaran Covid-19,” kata Dinda usai mendapat vaksin booster, pada Sabtu.

Selain di Komplek Maha Vihara Duta Maitreya, pelaksanaan vaksinasi hari ini, Sabtu, juga digelar di beberapa titik, yakni di gedung Budha Tsu Chi, Vihara Budhi Bakti, SD Al Amin, Marina Raya Tanjung Riau, Ikatan Kerukunan Keluarga Toraja, PT. Citra Tubindo, PT. Dynacast, PT Infeneon, PT Simatelex, PT Wasco dan Grandmall. (*/rama)

FANINDO

Honda Capella