Bupati Lingga Serukan Warga Keton Berlomba-lomba Tuai Kebajikan

197
Bupati Lingga Serukan Warga Keton Berlomba-lomba Tuai Kebajikan. (Foto: Istimewa)

WARTAKEPRI.co.id, LINGGA – Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) melakukan kegiatan Safari Ramadhan tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi yang dimulai dari Desa Keton, Kecamatan Lingga Timur. Hadir secara langsung Bupati Lingga Muhammad Nizar beserta istri di Masjid Nurul Iman, Selasa (5/4/2022).

Kegiatan dimulai dengan tadarus Al-Qur’an oleh TP PKK kabupaten dan desa, dilanjutkan dengan penyerahan bantuan sembako. Adapun sembako terdiri dari 11 penerima bantuan dari BAZNAS, 10 penerimaan bantuan PKK Kabupaten Lingga, dan 5 penerima santunan anak yatim.

Bupati Lingga Muhammad Nizar pada kesempatan itu mengajak masyarakat secara umum dan khususnya di Desa Keton, untuk berlomba-lomba memanfaatkan kehadiran bulan suci ini dengan memperbanyak waktu ibadah, karena kemuliaan pahala yang berlipat ganda.

Honda Capella

Salah satu pintu yang dibuka oleh Allah untuk mendapatkan pahala sebesar-besarnya adalah sedekah dan infak serta mempererat silaturahmi dalam ukhuwah Islamiah.

“Ambil kesempatan ini, di bulan Ramadhan 1443 Hijriah untuk peningkatan ibadah kita kepada Allah SWT. Tak bosan-bosan saya mengajak kita bersyukur atas kedatangan ramadhan tahun ini, kita masih dipertemukan. Manfaat sebaik-baiknya untuk beribadah. Untuk kita, untuk masyarakat dan untuk kampung kita,” ajak dia.

Nizar juga menyinggung mengenai relokasi perumahan warga Keton yang baru 25 unit rumah terealisasi dan diresmikan tahun 2020 silam, dari kampung lama ke kampung baru.

Dia menjelaskan rencana pembangunan perumahan bantuan dari Kementerian PUPR ini, selanjutnya masih dalam proses pengurusan lahan, dan diminta kepada pihak desa untuk segera mengurus dan berkoordinasi dengan Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim). Begitu juga terkait pembangunan sekolah turut direlokasi ke lahan baru dan segera untuk proses pengerjaan.

“Kemudian ada pembangunan yang lain, pak Kades sampaikan langsung ke kecamatan, lewat Musrenbang atau komunikasi langsung agar pembangunan dapat tersentuh di Desa Keton,” ucap dia.

Sementara Kepala Desa Keton, Maulana, mengucapkan terima kasih atas tawaran dan ketersediaan pemerintah daerah dalam membantu pembangunan di desanya.

“Terima kasih kepada pemerintah daerah telah menyempatkan diri datang ke desa kami, dan memberikan sedekah kepada kita,” kata dia.

Maulana, turut mengajak masyarakatnya dan perangkat untuk senantiasa berinfak dan sedekah. Karena sedekah salah satu amal jariyah yang berkepanjangan, dapat saling bantu-membantu antar-sesama umat.

Sedekah adalah sumber kekayaan. Allah menjanjikan bahwa sedekah tidak akan membuat miskin, bahkan justru semakin kaya. Oleh karena itu, banyak-banyaklah bersedekah pada bulan Ramadhan, baik di waktu lapang ataupun di waktu sempit.

“Jangan dilihat dari apa yang diberikan tapi dilihat dari keikhlasan. Ini adalah bentuk infak dari desa-desa lain, yang Alhamdulillah diterima masyarakat kami. Mudah-mudahan dari kita juga bisa berbuat demikian, dengan berinfak bisa membantu masyarakat di lain desa,” kata dia.

Kegiatan ditutup dengan tausiyah yang disampaikan Wakil Ketua Persatuan Mubaligh Kabupaten Lingga, Asman Jaya dan dilanjutkan dengan berbuka bersama, serta salat berjamaah.

Turut hadir pada safari Ramadhan ini Ketua TP PKK Kabupaten Lingga beserta anggota, Asisten III Setda Lingga, Kepala Barenlitbang, Staf Ahli Bidang Kesra dan Staff Ahli Bidang Kebudayaan, Kepala Bidang Kesra dan staf, Ketua Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Lingga, Camat, Kepala Desa, serta masyarakat Desa Keton. (ravi)

FANINDO