Diberi Dua Lapak Oleh Bupati Karimun, Pedagang Pasar Puan Maimun Setuju Dipindahkan ke Blok C

254
Deal, Pedagang pasar Puan Maimun tempati dua lapak di blok C.(Foto : Ist)

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Akhirnya Bupati Karimun Aunur Rafiq melakukan audiensi dengan perwakilan para pedagang lantai dua pasar Puan Maimun di rumah Dinas Bupati Karimun, Rabu (25/05/2022).

Audiensi ini dilakukan karena para pedagang lantai dua sebelumnya menolak untuk dipindahkan ke bawah pasar, atau tepatnya pada blok C yang sudah dibangun oleh pemerintah daerah dengan biaya sebesar Rp 4,9 miliar, dari anggaran APBD tahun 2021.

Pedagang menolak dipindahkan karena mengeluhkan ukuran meja atau lapak di blok C yang lebih kecil dari lantai dua.

Honda Capella

Audiensi diawali dengan penyampaian keluhan dan penyampaian dari perwakilan pedagang lantai dua pasar Puan Maimun.

Hingga akhirnya audiensi antara pemerintah daerah dengan para pedagang lantai dua pasar Puan Maimun menemui titik temu.

Bupati Karimun memastikan para pedagang lantai dua telah menyetujui untuk direlokasi atau dipindahkan ke blok C melalui audiensi tersebut.

Para pedagang menyetujui pemindahan ini setelah Bupati Karimun mengambil kebijakan untuk memberikan dua lapak sekaligus kepada tiap pedagang.

“Pedagang lantai dua yang akan dipindahkan kita berikan dua lapak sekaligus, kebijakan ini diambil untuk menyelesaikan permasalahan, yakni ukuran lapak yang sebelumnya dikeluhkan lebih kecil oleh para pedagang,” ungkap Bupati Karimun Aunur Rafiq.

Selanjutnya kata Bupati, bagi pedagang kios di lantai dua, pemerintah daerah juga memutuskan untuk membangun sebuah kios yang telah bekerja sama dengan sistem BOT, antara salah satu pedagang dengan pihak Perumda Bumi Berazam Jaya .

Lalu, masih kata Bupati para pedagang pasar sore dan pasar buah yang berada di luar pasar Puan Maimun, semula juga akan direlokasi ke blok C ditunda terlebih dahulu untuk sementara waktu.

“Pedagang pasar sore dan buah kita tetap izinkan terlebih dahulu berjualan di luar pasar, tahun depan akan kita bangun blok baru bagi mereka sesuai kemampuan keuangan daerah,” paparnya.

Bupati selanjutnya menginstruksikan Perumda Bumi Berazam Jaya selaku pengelola pasar untuk segera melakukan pemindahan dan pengambilan nomor undian lapak pedagang.

Bupati menargetkan para pedagang sudah mulai berjualan di blok C Pasar Puan Maimun pada pertengahan bulan Juni 2022.

Sementara itu pada kesempatan yang sama salah satu pedagang bernama Anton menyampaikan ucapan terima kasih sekaligus mengapresiasi kebijakan Bupati Karimun.

Dimana dirinya beserta seluruh pedagang lantai dua memastikan menyetujui untuk dipindahkan ke blok C pasar Puan Maimun.

“Kami mengucapkan terima kasih dan sangat puas atas hasil pertemuan dengan Bupati Karimun hari ini, karena memang penyelesaian ukuran lapak pedagang ini sudah lama kami nantikan,” kata Anton.

Dalam audiensi ini, Bupati Karimun didampingi oleh Kepala Dinas Perdagangan, Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas DPMPTSP dan Dirut Perumda Bumi Berazam Jaya.(rls/Diskominfo)

FANINDO