Siapkan Tiga Kapal Angkut, Pedagang Ternak di Batam Tunggu Rekomendasi

HARRIS BARELANG

Sebelumnya, sesuai hasil rapat koordinasi Gubernur Kepri bersama instansi terkait pada Senin (23/5/2022) lalu di Kantor Gubernur Kepri, di Dompak.

Gubernur mengatakan untuk impor kebutuhan sapi dalam daerah di Indonesia jelang Idul Adha, direncanakan akan didatangkan dari Lampung. Bahkan Gubernur menegaskan mengizinkan peternak ambil sapi dan kambing dari Lampung

“Dari Lampung langsung ke Kepri, tidak melalui darat yang melintasi berbagai daerah lagi. Itu cara, agar sapi yang datang juga terjamin,” ujar Gubernur saat itu.

Sesuai data yang dihimpun dari Asosiasi APHTB, kebutuhan sapi dan kambing di kota Batam tahun 2022 adalah sebanyak 3.136 ekor sapi, namun stok yang ada saat ini kurang dari 600 ekor sapi. Sementara kambing sebanyak 14.488 ekor sedangkan stok yang ada saat ini hanya tersedia 700 ekor kambing.

“Kebutuhan sapi dan kambing di Kota Batam jelang Idul Adha mengalami kekurangan. Hal ini dipengaruhi oleh wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak dan sejumlah daerah memberlakukan kebijakan lockdown atau penghentian pengiriman dan penerimaan dari luar daerah,” tutup Musofa. (adi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24
PKP PROMO ENTENG