Warga Batam Antusias Mengikuti Ibadah Kurban

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam
Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam, Zulkarnain

HARRIS BARELANG

BATAM – Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah / 2022 di Kota Batam berjalan dengan baik. Hal tersebut ditandai dengan antusias masyarakat melaksanakan penyembelihan hewan kurban, terutama panitia kurban di sejumlah masjid.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam, Zulkarnain mengatakan, perayaan Idul Adha tahun ini diikuti antusias oleh masyarakat Batam. Meski terdapat kekurangan jumlah hewan kurban di beberapa lokasi.

“Hal ini bisa dimaklumi karena kondisi PMK juga, namun semangat berkurban Idul Adha tahun ini masyarakat Batam cukup antusias, secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik,” ujar Zulkarnain saat dikonfirmasi Wartakepri di Sekupang, Senin (11/7/2022).

Zulkarnain menambahkan, ditengah wabah PMK pelaksanaan kurban tercatat meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Total jumlah hewan kurban tahun ini sesuai data dari Kemenang Kota Batam tercatat sebanyak 2.234 hewan kurban yang terdiri dari 1.226 ekor kambing dan 1.008 ekor sapi.

Terbatasnya pasokan hewan kurban ke Batam karena kondisi PMK, menurutnya hanya sebagian kecil. Sehingga tidak mengurangi nilai utama dari ibadah kurban tersebut.

“Sebagian kecil saja masjid dan musala yang tidak mendapat hewan kurban. Mungkin sekitar 10 % saja,” ungkap Zulkarnain.

Dia menekankan, hewan kurban yang disembelih di Batam saat hari raya Idul Adha semua dalam keadaan sehat. Hal tersebut dilengkapi dengan sertifikat dari Otoritas Balai Karantina Kota Batam.

“Kita juga berpesan ke panitia kurban, syarat hewan yang akan disembelih adalah hewan yang benar-benar sehat, dengan memiliki sertifikat dari Balai Karantina,” kata Dia

Disisi lain, pelaksanaan pemotongan hewan kurban juga memperhatikan ketentuan sesuai syariat islam. Kemenag Batam bekerjasama dengan MUI bersama Juru Sembelih Halal (Juleha), petugas penyembelih di setiap Kecamatan diberi pembekalan pelatihan.

“Petugas penyembelih yang ada di Batam ini tidak bisa sembarangan, dan sudah dibekali dengan latihan sesuai dengan syariat islam,” jelasnya.

Pelaksanaan salat Idul Adha tahun 2022 di Kota Batam dilaksankan di 610 titik salat di seluruh Batam. (*)

Editor: Yusuf Riadi

FANINDO

Honda Capella