Respon Desakan DPR RI, Mabes Polri Mulai Dalami Twitter Viral Roy Suryo

364
Irjen Pol Dedi Prasetyo Kadiv Humas Mabes Polri terkat twitter Roy Suryo
Irjen Pol Dedi Prasetyo Kadiv Humas Mabes Polri. Foto Net

JAKARTA – Polri mulai mengusut siapa pembuat foto stupa Candi Borobudur mirip Presiden Joko Widodo (Jokowi). Polisi saat ini sedang melakukan pengecekan identitas pembuat foto yang viral setelah diposting diakun Twitter Roy Suryo beberapa hari lalu.

“Profiling oleh siber,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dimintai konfirmasi, Selasa (14/6/2022).

Dedi belum menjelaskan detail dugaan awal siapa pembuat foto itu. Dia mengatakan proses pengusutan sedang dilakukan.

Honda Capella

“Sedang didalami,” ujarnya.

Dedi mengingatkan semua pihak untuk bijak dalam menggunakan media sosial. Dia mengatakan jejak digital bisa dijadikan bukti dalam proses hukum.

“Jejak digital bisa dijadikan bukti dalam proses hukum sebagaimana diatur dalam UU ITE,” ucap Dedi.

Sebelumnya, anggota DPR RI Fraksi PKB Daniel Johan, yang juga merupakan umat Buddha, menyoroti viralnya foto stupa Candi Borobudur diedit mirip wajah Presiden Jokowi. Daniel geram dan menilai hal itu menghina simbol agama.

“Harus ditindak dan proses hukum karena telah menghina simbol agama, yaitu Rupang Buddha, entah itu editan dari siapa,” ujar Daniel kepada wartawan, Selasa (14/6).

Daniel mendorong tim siber Polri melacak pembuat foto editan stupa Candi Borobudur itu. Daniel menekankan Rupang Buddha sakral dan disucikan umat Buddha.

“Tinggal tim siber Polri harus memastikan dan melacak pelaku pengedit. Tentu sangat tidak etis mempublikasi hal tersebut karena Rupang Buddha adalah sakral dan disucikan umat,” kata Wasekjen PKB itu.

“Kita meminta Polri untuk tegas mengusut tuntas,” imbuhnya.

BACA JUGA Simak Penjelasan Ahli Telematika Roy Suryo Terkait Video Gituan Mirip Gisel

Anggota DPR RI Desak Polri

Anggota DPR RI Fraksi PKB Daniel Johan, yang juga merupakan umat Buddha, menyoroti viralnya foto stupa Candi Borobudur diedit mirip wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Daniel geram dan menilai hal itu menghina simbol agama.

“Harus ditindak dan proses hukum karena telah menghina simbol agama yaitu Rupang Buddha, entah itu editan dari siapa,” ujar Daniel kepada wartawan, Selasa (14/6/2022).

Daniel mendorong tim siber Polri melacak pembuat foto editan stupa itu. Daniel menekankan Rupang Buddha sakral dan disucikan umat Buddha.

“Tinggal tim siber Polri harus memastikan dan melacak pelaku pengedit. Tentu sangat tidak etis mempublikasi hal tersebut karena Rupang Buddha adalah sakral dan disucikan umat,” kata Wasekjen PKB itu.

“Kita meminta Polri untuk tegas mengusut tuntas,” imbuhnya.

Daniel juga berbicara soal foto editan stupa Candi Borobudur menjadi mirip Jokowi yang diunggah Roy Suryo. Dia mengatakan Roy Suryo harus meminta maaf kepada publik karena sudah mengunggah ulang foto tersebut.

“Dalam hal ini Pak Roy Suryo yang mengunggah ulang foto tersebut ke laman Twitter untuk meminta maaf secara terbuka kepada umat Buddha,” katanya.

Twitter Roy Suryo Viral

Sebelumnya, Roy Suryo mengunggah foto editan stupa Candi Borobudur yang wajahnya sudah diedit mirip Presiden Jokowi.

Roy Suryo kemudian disorot netizen setelah unggahannya di Twitter viral. Unggahan bertanggal Jumat (10/6) itu menampilkan meme stupa candi Borobudur yang sudah diedit wajahnya jadi mirip presiden Jokowi.

Dalam unggahan itu, Roy Suryo menyinggung soal kenaikan harga tiket naik ke candi Borobudur jadi Rp 750 ribu. Ada dua meme yang diunggah Roy Suryosaat itu.

“Mumpung akhir pekan, ringan2 saja Twit-nya. Sejalan dgn Protes Rencana Kenaikan Harga Tiket naik ke Candi Borobudur (dari 50rb) ke 750rb yg (sdh sewarasnya) DITUNDA itu, Banyak Kreativitas Netizen mengubah Salah satu Stupa terbuka yg Ikonik di Borobudur itu, LUCU, he-3x 🤣 AMBYAR,” cuit Roy Suryo.

“Pantas saja tiketnya mahal. Ternyata Opung sudah buat patung “I Gede Utange Jokowi” untuk tambahan dana bangun IKN,” begitu tulisan di salah satu meme yang diunggah Roy Suryo. Terbaru, Roy Suryo telah menghapus cuitannya.

Baca artikel detiknews, “Anggota DPR Desak Polisi Usut Pembuat Foto Stupa Borobudur Mirip Jokowi” selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-6126798/anggota-dpr-desak-polisi-usut-pembuat-foto-stupa-borobudur-mirip-jokowi. (detik.com)

FANINDO