Binda Kepri Targetkan 100 Persen Masyarakat Telah di Vaksin

64

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Program vaksinasi Covid-19 yang dicanangkan pemerintah dalam rangka menekan penyebaran Covid-19 masih terus berjalan hingga saat ini, Rabu (22/06/2022). Binda Kepri targetkan 100 persen masyarakat telah tervaksinasi.

Kabinda Kepri, Brigjen Pol. R. C. Gumay mengatakan manfaat vaksin terbukti efektif menekan lonjakan kasus Covid-19 dimana saat ini sudah melandai dibandingkan pada tahun 2021.

“Seiring dengan meningkatnya jumlah capaian vaksinasi dosis 1, dosis 2 dan booster, kasus Covid-19 di Kepri juga mulai melandai sehingga ini menjadi sinyal baik bagi masyarakat agar tidak ragu ikut vaksin,” ujar Gumay.

Honda Capella

Ia menambahkan, dengan memperoleh vaksinasi juga akan meminimalisir gejala yang ditimbulkan apabila terpapar Covid-19.

“Jumlah korban jiwa maupun pasien yang menjalani perawatan di RS saat ini mengalami penurunan drastis dibandingkan pada saat awal pandemi bergejolak tahun lalu,” imbuhnya.

Berdasarkan data Binda Kepri, jumlah pasien yang dirawat pada akhir Desember 2021 mencapai hampir 200 orang. Jumlah tersebut berangsur-angsur menurun pada tahun 2022 sejalan dengan dimulainya vaksinasi booster. Hingga 21 Juni 2022, tercatat jumlah pasien yang menjalani perawatan di RS wilayah Kepri tersisa 4 orang.

“Vaksinasi booster telah dimulai sejak 12 Januari 2022 dan masih terus berlanjut hingga saat ini untuk memperkuat kekebalan masyarakat terhadap penyebaran Covid-19,” tambahnya.

Sesuai dengan catatan Dinas Kesehatan Kepri, total sasaran vaksinasi untuk masyarakat berusia lebih dari 6 tahun hingga Lansia di wilayah Provinsi Kepri sebanyak 1.802.705 orang.

Dari jumlah tersebut, masyarakat yang mendapat dosis 1 sudah sebanyak 1.766.888 orang (98,01 persen), sedangkan dosis 2 sebanyak 1.522.979 orang (84,48 persen). Sementara untuk vaksin booster hanya dikhususkan bagi masyarakat berusia 18 tahun dengan capaian baru sebanyak 632.016 orang (46,02 persen) dari total sasaran 1.373.372 orang.

“Binda Kepri terus menjalin kolaborasi dengan berbagai instansi pemerintah dan kelompok masyarakat untuk menggesa capaian vaksinasi di setiap kelompok usia agar bisa mencapai 100 persen, salah satunya dengan membuka sentra-sentra vaksinasi di seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Kepri,” ungkapnya.

Sentra vaksinasi Binda Kepri hari ini Rabu (22/06/2022) terdapat di 7 titik lokasi, yaitu di Kota Batam dipusatkan di lapangan futsal SP Plaza Batuaji. Di Kota Tanjungpinang digelar di Gedung Badminton, Perumahan Bumi Air Raja, Kelurahan Pinang Kencana.

Sementara kegiatan vaksinasi di Kabupaten Bintan dilakukan di Aula Kesbangpol Jalan Raja Ali Haji. Sedangkan di Kabupaten Karimun diselenggarakan di Aula Kantor Kelurahan Parit Benut, Kecamatan Meral.

Tidak hanya itu, kegiatan vaksinasi juga digelar di Kabupaten Natuna, tepatnya di Puskesmas Ranai Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Ranai, Kecamatan Bunguran Timur. Selain itu, untuk wilayah Kabupaten Anambas juga dilakukan kegiatan vaksinasi yang berpusat di lapangan Kantor Dinkes Anambas, Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan. Sementara di Kabupaten Lingga diselenggarakan di eks Gedung Bank Dagang Negara Jalan Trans Singkep, Kelurahan Dabo, Kecamatan Singkep.(***/rama)

FANINDO