Sukses Selenggarakan UKW ke 26, Dewan Pers Dorong Jurnalis Kepri Makin Kompeten

110
UKW
Seluruh peserta UKW bersama penguji dan anggota Dewan Pers foto bersama usai menggelar UKW ke 26 yang diselenggarakan Dewan Pers bersama PWI Kepri dan IJTI Kepri di BWP Hotel Panbil, Batam.

BATAM – Penyelenggaraan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bersama Dewan pers di Batam berjalan sukses. Melalui Ketua Komisi Pemberdayaan Organisasi Dewan Pers Asmono Wikan menginginkan jurnalis yang ada di Kepri semakin kompeten.

“Kita tak akan pernah lelah mengajak kawan-kawan yang belum menikmati hasil seperti ini untuk terus mengejar kompetensinya dengan cara-cara yang tepat dan hanya Dewan Pers di Republik ini secara sah menjadi lembaga yang bertugas menguji wartawan,” jelas Asmono Wikan saat menutup penyelenggaraan UKW ke 26 Dewan Pers di Batam, Sabtu (2/7/2022) sore.

Asmono dalam sambutannya berpesan pada peserta yang lulus tak berpuas hati dan tingkatkan terus kompetensi yang dimiliki. Bagi yang belum lulus agar terus belajar dan meningkatkan kualitas diri.

Honda Capella

Sebelumnya dalam pembukaan UKW Asmono berharap UKW dapat meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan, menegakkan kemerdekaan pers berdasarkan kepentingan publik, menjaga harkat martabat kewartawanan sebagai profesi khusus penghasil karya intelektual, serta menghindarkan penyalahgunaan profesi wartawan.

“Saya berharap seluruh profesi mempunyai kompetensi yang tinggi. Maka hari ini UKW punya andil besar untuk membangun jurnalisme yang profesional. Sisi lain pentingnya UKW adalah semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat pada profesi wartawan,” tutup Asmono.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kepri, Candra Ibrahim dalam sambutannya mengatakan, saat ini kepala daerah semakin terbuka dengan wartawan yang kompeten. Untuk itu, dia berharap Kepri bisa mendapatkan lagi fasilitas uji kompetensi.

“Semoga Dewan pers bisa melaksanakan UKW kembali untuk Kepri, agar semakin banyak jurnalis di Kepri yang bisa memanfaatkan fasilitas UKW untuk meningkatkan kompetensi,” ujar Candara Ibrahim

Candra yang juga menjadi salah satu penguji UKW saat itu, mengumumkan hasil UKW. Dari 56 peserta yang terdiri dari 42 peserta dari PWI Kepri dan 12 peserta dari IJTI Kepri, sebanyak delapan orang dinyatakan belum lulus uji. Namun, Candra tidak merinci dari tingkatan mana saja yang tak lulus uji baik dari tingkat Muda, Madya atau Utama.

“Selamat bagi yang lulus UKW, jangan pernah berhenti berusaha, terus tingkatkan kompetensi, Tak lupa ucapan terimakasih kepada pihak Dewan Pers yang telah memfasilitasi pelaksanaan UKW,” pesannya.

UKW di Batam merupakan pelaksanaan UKW ke 26 yang diselenggarakan Dewan Pers. UKW difasilitasi oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kepri dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Kepri.

Penyelenggaraan UKW selama dua hari yakni tanggal 1-2 Juli 2022 berlangsung di Hotel Best Western Premiere (BWP) Panbil. (adi)

Editor: Yusuf Riadi

FANINDO