Presiden Jokowi Ucapkan Belasungkawa atas Kematian Tragis Shinzo Abe

251

JEPANG – Jenazah mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe dilaporkan telah tiba di Tokyo pada Sabtu (9/7/2022) waktu setempat. Menurut media setempat, sebuah malam kebaktian akan dilakukan pada Senin (11/7/2022).

Lalu pemakaman akan dihelat pada Selasa (12/7/2022) yang akan dihadiri teman-teman dekat. Belum ada informasi tentang tentang upacara peringatan publik.

Pada Jumat (8/7/2022) malam dan Sabtu (9/7/2022) pagi, arus pelayat datang untuk meletakkan bunga dan berdoa untuk Abe, yang telah menjadi PM terlama di Jepang.

Honda Capella

“Saya tidak bisa duduk dan tidak melakukan apa-apa. Saya harus datang,” kata warga Nara Sachie Nagafuji, 54, yang mengunjungi tempat kejadian bersama putranya.

“Saya hanya terkejut bahwa hal seperti ini terjadi di Nara,” terang Natsumi Niwa, seorang ibu rumah tangga berusia 50 tahun, setelah memberikan bunga bersama putranya yang berusia 10 tahun.

Dia mengatakan Abe mengilhami nama putranya, Masakuni, dengan seruannya tentang Jepang sebagai “bangsa yang indah”. “Kuni” berarti bangsa dalam bahasa Jepang.

Kematian Abe telah menimbulkan pertanyaan tentang langkah-langkah keamanan untuk tokoh masyarakat di Jepang, di mana politisi biasanya mengajukan permohonan langsung kepada pemilih di luar stasiun kereta api dan supermarket selama musim kampanye.

Diketahui, Abe ditembak saat pidato di kampanye pada Jumat (8/7/2022) menuju pemilihan yang akan digelar pada Minggu (10/7/2022). Dia ditembak dua kali oleh pria bersenjata yang tak dikenal dari belakang.

BACA JUGA Foto-Foto Senjata Pelaku dan Kronoligi Penembakan Mantan PM Jepang Shinzo Abe

Pesan Twitter Jokowi

Joko Widodo @jokowi (Pejabat pemerintah Indonesia)

“Allow me to extend our deepest condolences on the tragic demise of former PM Abe Shinzo of Japan.
We will always remember his contributions in strengthening RI-Japan cooperation. May the family of PM Abe and the Japanese people be given strength in this difficult time”

” Izinkan saya untuk menyampaikan belasungkawa terdalam kami atas kematian tragis mantan PM Abe Shinzo dari Jepang.
Kontribusi beliau dalam memperkuat kerjasama RI-Jepang akan selalu kami kenang. Semoga keluarga PM Abe dan masyarakat Jepang diberikan kekuatan di masa sulit ini”

Editor : Dedy Suwadha

FANINDO